Breaking News:

Saat Pandemi Pemerintah Minta Pedagang Waspada Barang Expired

Dirinya juga meminta kepada para toko-toko juga agar tidak langsung tergiur jika ada promosi yang menyesatkan

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Leonardus Yoga Wijanarko
Tribunjambi.com/Abdullah Usman
Suasana toko 

Laporan wartawan tribunjambi.com, Abdullah Usman 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Ditengah pandemi seperti saat ini Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Tegaskan Distributor dan pedagang untuk tidak menjual barang expired. Kamis (12/8)

Dikatakan Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Tanjabtim, Muhammad Awaluddin mengatakan, para Distributor barang atau makanan setidaknya berlaku bijaksana jika ada barang atau makanan yang sudah mendekati expired untuk tidak didistribusikan lagi ke toko-toko kelontong. 

Dirinya juga meminta kepada para toko-toko juga agar tidak langsung tergiur jika ada promosi yang menyesatkan. Karena kalau barang yang sudah mendekati expired itu biasanya ada Distributor sengaja menjualnya ke toko-toko dengan iming-iming ada bonusnya. 

"Jadi tolong hal seperti itu agar dihindari," ujarnya

Lanjutnya, jika para distributor tidak mau menarik barang dan makanan yang sudah expired, maka yang dirugikan adalah masyarakat kecil. 

Memang dalam UU Perlindungan Konsumen Nomor 8 tahun 2009 jika ada yang merugikan konsumen maka pedagang yang menjadi masalahnya.

"Sementara, pedagang kecil juga mendapatkan barang itu dari pedagang besar (Distributor). Jadi pedagang kecil yang dirugikan. Kami pun sudah melakukan sidak dan memberikan edukasi kepada toko, sedangkan untuk penindakan hukum kami akan menggandeng BPOM Jambi," jelasnya. (usn)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved