Breaking News:

Kasus Dugaan Korupsi APBDes Seponjen Mulai Disidangkan, 4 Saksi Dihadirkan ke Pengadilan

Mantan Pj Kades Seponjen Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muarojambi Rodi Nurmansyah menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Tipikor Jambi.

Penulis: Hasbi Sabirin | Editor: Teguh Suprayitno
Tribuhjambi/Hasbi
Mantan Pj Kades Seponjen Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muarojambi Rodi Nurmansyah menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Tipikor Jambi. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Hasbi Sabirin

TRIBUNJAMBI.COM,SENGETI-Mantan Pj Kades Seponjen Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muarojambi Rodi Nurmansyah menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Tipikor Jambi pada Senin (9/8/21) lalu.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Muarojambi Kamin melalui Kasi Intelijen Ahmad Fauzan.

Katanya, Pj Kades Seponjen, Rodi Nurmansyah menjalani sidang tahap pertama atas kasus dugan tindak pidana korupsi anggaran APBDes pada tahun 2019 lalu.

"Pada persidangan itu, terhadap saksi-saksi juga telah dihadirkan, sebanyak empat orang dari PMD, Pendamping Desa dan Camat Kumpe Ilir," kata Ahmad Fauzan Rabu (11/8/21).

Ia juga menyampaikan, terhadap saksi yang dihadirkan guna minta keterangan yang diberikan untuk mendukung pembuktian unsur surat dakwaan terhadap perbuatan yang dilakukan oleh mantan Pj Kades Seponjen tersebut.

"Sidang selanjutnya akan dilakukan pada Senin depan, masih periksaan saksi-saksi," tuturnya.

Untuk diketahui, Pj Kades Seponjen itu terjerat kasus dugan tindak pidana korupsi anggaran APBDes pada tahun 2019 lalu.

Karena terdakwa mencairkan anggaran dari dana APBDes berdasarkan rekening koran Pemerintah Desa Seponjen, periode tanggal 01 Januari 2019 sampai tangggal 31 Desember 2019, terdakwa melakukan penarikan sebanyak tiga kali.

Terhadap uang yang sudah dicairkan tersebut, langsung dikelola sendiri oleh terdakwa tanpa melibatkan perangkat desa lainnya, anggaran yang dicairkan oleh terdakwa tidak dipergunakan sesuai mekanisme dan ketentuan, sehingga menimbulkan kerugian negara sebesar Rp187.088.254,45.

Baca juga: Wako Sungai Penuh Keluarkan Instruksi Perpanjangan PPKM Level 3

Baca juga: Kasus Covid-19 Turun, Jokowi Minta Indonesia Punya Roadmap Bersama Virus Corona

Baca juga: Subsidi Gaji Rp 1 Juta Segera Cair, Kemenkeu Sudah Transfer Rp 947,499 Miliar

(tribunjambi.com/ Hasbi Sabirin)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved