Breaking News:

27 Peninggalan Sejarah di Tanjabtim Belum Masuk Situs Cagar Budaya, Mengapa?

27 situs peninggalan sejarah ditemukan di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim).

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Teguh Suprayitno
tribunjambi/abdullah usman
Kondisi makam Rangkayo Hitam. 

Laporan wartawan tribunjambi.com, Abdullah Usman 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - 27 situs peninggalan sejarah ditemukan di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Namun Disbudparpora mencatat belum satupun peninggalan tersebut tercatat sebagai situs sejarah. 

Diketahui di Kabupaten Tanjabtim terdapat banyak peninggalan sejarah kuno, baik peninggalan masa penjajahan hingga peninggalan peradaban perdagangan dan kejayaan kerajaan Melayu Jambi di masa lampu. 

Peninggalan tersebut masih bisa dijumpai hingga saat ini, baik berupa bangunan, benda benda sejarah hingga makam kuno para tokoh dan raja Melayu jambi itu sendiri. 

Namun berdasarkan data yang dihimpun Disbudparpora Tanjabtim, sejak pertama kali temuan benda sejarah tersebut terungkap dan dilakukan pengkajian penelitian. Dari 27 situs yang tercatat tadi bumi satupun berstatus sebagai situs cagar budaya

"Memang sedikit miris, dari 27 peninggalan sejarah yang ada di Kabupaten Tanjabtim ini semuanya belum berstatus sebagai situs cagar budaya. Melainkan hanya Objektif Diduga Cagar Budaya (ODCB), " jelas Kabid Kebudayaan Disbudparpora Tanjabtim, Teguh. 

Lanjutnya mengapa hanya 27 saja peninggalan sejarah yang tercatat, menurut Teguh data tersebut merupakan data Register yang diperoleh dari BPCB Jambi. Dan data tersebut tidak boleh dipublikasi (rinciannya). 

"27 situs yang tercatat tadi sifatnya rahasia, tidak bisa semuanya kita sebutkan satu persatu. Hanya beberapa saja seperti Makam Rangkayo Hitam dan situs Lambur saja, " bebernya.

Baca juga: Makam Rangkayo Hitam di Tanjab Timur Diusulkan Masuk Situs Cagar Budaya

Baca juga: Surat Surya Paloh Bocor ke Publik, Isu Syarif Fasha Geser Agus Roni di Nasdem Makin Kuat

Baca juga: Kasus Covid-19 Tinggi, Gubernur Jambi Minta Vaksinasi di Merangin Dipercepat 

Terkait hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur pada tahun ini mulai fokus untuk mengusulkan situs situs yang berstatus ODCG tersebut menjadi Situs Cagar Budaya Kabupaten Tanjabtim. 

"Tahun ini kita mulai membuat usulan untuk penetapan situs tersebut, hanya saja ada beberapa kriteria dan catatan yang memang harus dilengkapi agar usulan tersebut dapat berhasil, " pungkasnya. (usn) 

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved