Breaking News:

Obat Herbal Alami

Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka?

Indonesia memiliki kekayaan rempah sebagai obat herbal tradisional yang mampu menyembuhkan banyak penyakit diantaranya

Editor: Heri Prihartono
Thinkstockphotos
Ilustrasi 

.

TRIBUNJAMBI.COM - Indonesia memiliki kekayaan rempah sebagai obat herbal tradisional yang mampu menyembuhkan banyak penyakit diantaranya

Tanaman herbal dipercaya meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh di tengah pandemi yang belum berakhir seperti saat ini.

Tanaman herbal menjadi hal yang penting agar tubuh tentunya tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Namun konsumsi tanaman herbal juga harus diimbangi dengan menjaga pola hidup yang sehat.

Untuk menjaga imunitas bisa dilakukan dengan mengkonsumsi minuman dari tanaman herbal.

Berikut penjelasan dokter Inggrid Tania selaku ketua umum perkumpulan dokter pengembang obat tradisional dan jamu Indonesia dalam tayangan KompasTV.

Inggrid menjelaskan jika di Indonesia obat tradisional ini dibagi 3 yang pertama jamu, yang kedua obat herbal terstandar kemudian, yang ketiga fitofarmaka.

" Jamu merupakan obat tradisional yang memang spesifik untuk pengobatan obat tradisional yang memiliki riwayat pengalaman empiris artinya riwayat pemakaian turun-temurun dari generasi ke generasi dari dari zaman nenek moyang sampai sekarang," ujar Inggrid.

Dijelaskannya di Indonesia masyarakat biasa mengkonsumsi jamu.

" Misalnya seperti itu kalau obat herbal terstandar itu memang bisa berupa jamu atau bahan herbal.
Herbal kalau definisi secara luas memang biasanya diartikan sebagai bahan yang berasal dari tumbuhan atau tanaman obat tetapi juga ada definisi yang lebih luas misalnya bahan yang berasal dari bahan alam yang termasuk misalnya Bahan mineral ataupun bahan hewani seperti madu," jelasnya.

Tersandar disini artinya bahan bakunya sudah terstandar ya dan sudah teruji keamanannya melalui uji praklinik pada hewan coba dan juga uji hasiat pada hewan coba.
Sementara itu fitofarmaka itu adalah obat herbal terstandar atau jamu yang memang sudah memiliki pembuktian berupa uji klinis pada manusia yang baik keamanannya maupun hasiatnya.

Jika anda tertarik dengan artikel Obat Herbal Alami Klik di sini ya

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved