Breaking News:

Kades Terpilih Ini Meninggal Sebelum Dilantik, Bupati Adirozal Lantik 150 Kades Terpilih

Pelantikan di ruang pola kantor Bupati Kerinci hanya diikuti sebanyak 18 Kades terpilih yang merupakan utusan dari masing-masing kecamatan

Penulis: Herupitra | Editor: Leonardus Yoga Wijanarko
Tribunjambi.com/Heru Pitra
Bupati Kerinci, Adirozal resmi melantik dan melakukan pengambilan Sumpah Kepala Desa Terpilih 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Bupati Kerinci, Adirozal resmi melantik dan melakukan pengambilan Sumpah Kepala Desa Terpilih hasil Pilkades Serentak Kabupaten Kerinci pada 6 April 2021 lalu. Prosesi pelantikan digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Kerinci dan secara virtual, Senin (09/08/2021).

Pelantikan di ruang pola kantor Bupati Kerinci hanya diikuti sebanyak 18 Kades terpilih yang merupakan utusan dari masing-masing kecamatan. Sementara kades terpilih lainnya mengikuti prosesi pelantikan di Kantor Camat masing-masing secara virtual.

Untuk diketahui dari 152 Desa yang mengelar pilkades serentak, hanya 150 kades terpilih yang dilantik hari ini. Dua desa kades terpilih belum bisa dilakukan pelantikan karena beberapa hal tak bisa untuk dilakukan pelantikan. 

Yakni, kades desa Pentagen, Kecamatan Danau Kerinci dan Kades Sei Lebuh Kecamatan Siulak. 

"2 Desa yang tidak bisa Kades terpilih dilantik yaitu, Pentagen yang masih bersengketa karena tidak kemungkinan syarat untuk dilakukan pelantikan, dan Desa Sei Lebuh karena kades terpilihnya meninggal dunia,” jelas Kepala Dinas PMD, Syahril Hayadi. 

Sementara itu saat pelantikan, Bupati Kerinci Adirozal menyampaikan, bahwa kepala desa merupakan ujung tombak penyelenggaraan pemerintah daerah. Oleh sebab itu dituntut untuk memiliki pengetahuan yang lebih, sehingga mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.

"Saya mengajak seluruh masyarakat yang kepala desanya dilantik hari ini, agar mendukung dan membantu kades terpilih dalam melaksanakan tugasnya. Marilah bersama-sama kita menggali potensi yang ada untuk membangun Desa tempat tinggal kita, lupakan perbedaan pilihan selama proses Pilkades kemarin," ajak Bupati Adirozal.

Bupati Adirozal juga berpesan kepada seluruh Kades yang dilantik untuk merangkul semua elemen yang ada di desa dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya.

"Rangkul semua pihak yang ada di desa, termasuk calon kepala desa yang tidak terpilih saat mengikuti  Pilkades Serentak pada April lalu demi kemajuan yang ada di desa, tidak ada lagi istilah pendukung dan bukan pendukung, semua warga sudah menjadi tanggung jawab saudara," tegasnya.

Bupati Kerinci dua periode ini, juga berpesan kepada seluruh Kades agar memahami Undang-undang dan Peraturan Pemerintah tentang Tugas, Kewajiban dan Wewenang Kades. 

"Kelola Dana Desa dengan baik, Bekerjasama dengan Aparatur Desa dan BPD, dan Dukung Program Pemerintah terutama penanganan Covid-19," pungkasnya.(*)

Baca juga: 8 Bulan di Kongo, 30 Hantu Putih Kopassus Hadapi 3000 Pemberontak

Baca juga: Kata Netizen Saat Nikita Willy Mengenakan Hijab: Gak Usah Lepas Lagi

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved