Jalan Rusak

Curah Hujan Tinggi Jalan Siau di Kabupaten Tanjabtim Kembali Berlumpur

Berita Tanjabtim-Curah hujan tinggi beberapa pekan terakhir mengakibatkan ruas jalan penghubung rusak

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Nani Rachmaini
Tribunjambi/Abdullah Usman
Ilustrasi. Kemacetan Panjang yang Terjadi di Ruas Jalan Desa Siau Tanjabtim 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Curah hujan tinggi beberapa pekan terakhir mengakibatkan ruas jalan penghubung antar Kecamatan Sabak Timur menuju Rasau Rusak dan Berlumpur. Senin (9/8) 

Pantauan tribunjambi.com di lapangan, ruas jalan lebih kurang mencapai 2.5 km tersebut memiliki beberapa titik kerusakan. Didominasi berlubang dan berlumpur akibat genangan air hujan. 

Dikatakan Basok (45) satu dari warga Rt 22 Desa Siau Kecamatan Sabak Timur, kondisi jalan seperti ini sudah lumrah terjadi. Terutama saat curah hujan tinggi, baik dalam kurun waktu hitungan jam maupun semalaman. 

"Jalan becek seperti ini akibat diguyur hujan beberapa jam saja tadi malam langsung berlobang dan berlumpur, " ujarnya. 

"Tadi pagi macet sampai satu kilo lebih, karena ada truk yang terguling di tengah jalan, akibat jalan rusak, " tambahnya

Kondisi seperti ini akan terus terjadi, hingga jalan di siau ini benar benar sudah dilakukan peningkatan menjadi rigid beton. Baru kerusakan dan antrian kendaraan tidak terjadi lagi. 

"Kalau sudah hujan sore atau siang, otomatis malam atau pagi pasti ngantri. Karena banyak truk sawit yang terjebak, "sambungnya

Lebih lanjut dikatakan Basok, setiap hari alat berat pemerintah selalu standby di sini. Karena memang jalan ini dalam bulan ini kabarnya akan dilakukan peningkatan kualitas menjadi cor beton. 

"Kabarnya bulan ini mau dikerjakan, cor beton sepanjang Satu km, alat berat juga sudah kerja terus setiap hari, " jelasnya

Sebelumnya berdasarkan hasil tinjauan lapangan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jambi, melalui Kadis PUPR, bersama Anggota DPRD Provinsi, DPR Kabupaten dan PLH Bupati Tanjabtim pada awal tahun lalu. 

Dari hasil kroscek lapangan tersebut, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jambi Fauzi Ansory usai meninjau lokasi menuturkan, ruas jalan yang mengalami kerusakan ini memang merupakan jalan Provinsi Jambi. 

Sebagai bentuk tanggung jawab, langkah perbaikan memang sudah seharusnya dilakukan. Dimana pada tahun ini jalan tersebut akan dilakukan perbaikan bersama pihak PUPR Provinsi. 

"Sesungguhnya ada anggaran yang kita siapkan untuk perbaikan jalan ini, ada 2,6 Km yang akan kita tangani tahun ini, meski perbaikan tersebut belum bisa menuntaskan secara fundamental" ujarnya. (usn) 

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved