Kemenkes Izinkan Vaksinasi Covid-19 Tanpa NIK, Dinas Dukcapil Kota Jambi Siap Bantu Warga Jambi

Berita Jambi-Kemenkes keluarkan surat edaran tentang vaksinasi masyarakat rentan dan masyarakat yang belum miliki NIK boleh divaksin pada Minggu

Tribunjambi/Rara
Ilustrasi. Vaksinasi Covid-19 untuk anak di SMPN 1 Kota Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kemenkes keluarkan surat edaran tentang vaksinasi masyarakat rentan dan masyarakat yang belum miliki NIK boleh divaksin pada Minggu, (02/08/2021) lalu, lewat Dinas Dukcapil setempat.

Saat dikonfirmasi, Dinas Dukcapil Kota Jambi belum mendapatkan instruksi dan informasi resmi terkait hal tersebut, Kamis (05/08/2021).

Nirwan Ilyas, Kepala Dinas Dukcapil Kota Jambi berujar walau demikian pihaknya tetap akan membantu permudah akses mendapatkan NIK untuk masyarakat yang ingin divaksin.

"Ada beberapa orang yang tidak bisa divaksin lantaran tidak memiliki NIK, maka kami validasi seperti warga binaan di lapas (beberapa waktu lalu)," jelasnya.

Jadi, Dinas Dukcapil Kota Jambi mencari NIK warga binaan tersebut dari geometriknya, sidik jarinya, atau melalui nama lengkapnya.

Sedangkan masyarakat yang tidak memungkinkan untuk datang ke kantor Dinas Dukcapil Kota Jambi maupun pelayanan Dukcapil di lokasi lainnya akan tetap bisa mendapatkan haknya.

"Contohnya seperti disabilitas, lansia yang sudah tidak memungkinkan untuk mengurus dokumen sendiri," lanjutnya.

Tim Dinas Dukcapil Kota Jambi akan datang ke lapangan setiap hari Jum'at untuk merekam data, dan membuat dokumen kependudukan masyarakat tersebut.

Surat Edaran Kemenkes yang dimaksud yaitu Nomor HK.02.02/III/15242/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi Masyarakat Rentan dan Masyarakat yang Belum Memiliki NIK yang terbit pada 2 Agustus 2021.

Terpisah, sampai dengan berita ini diterbitkan, Dinas Kesehatan Kota Jambi belum dapat dihubungi untuk dikonfirmasi mengenai SE Kemenkes ini.(TribunJambi/Rara Khushshoh Azzahro)

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved