Ekonomi Provinsi Jambi Triwulan II- 2021 Tumbuh 5,39 Persen

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi memaparkan data pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi triwulan II-2021, Kamis (5/8/2021).

Penulis: Vira Ramadhani | Editor: Teguh Suprayitno
tribunjambi/vira ramadhani
Wahyudin, Kepala BPS Provinsi Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi memaparkan data pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi triwulan II-2021, Kamis (5/8/2021).

Perekonomian Provinsi Jambi berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan II-2021 mencapai Rp58,17 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp38,37 triliun.

Wahyudin, Kepala BPS Provinsi Jambi menyampaikan, Ekonomi Provinsi Jambi triwulan II-2021 tumbuh 5,39 persen (y-on-y). Dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh pertumbuhan tertinggi dicapai Lapangan Usaha Transportasi dan Pergudangan yang tumbuh 18,65 persen.

“Lalu diikuti Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum sebesar 15,24 persen. Kedua lapangan usaha ini membaik dibandingkan triwulan 2, tahun lalu saat pandemi Covid-19 baru terjadi di Provinsi Jambi,” ujarnya, melalui zoom meeting. 

Lanjutnya, untuk Penerbangan maupun transportasi darat, serta hunian hotel dan penyediaan makan minum mulai bisa beroperasi mengikuti tatanan new normal. 

“Lapangan usaha Jasa Keuangan dan Asuransi tumbuh sebesar 12,31 persen. Hanya satu lapangan usaha yang mengalami kontraksi pertumbuhan, yaitu Pertambangan dan Penggalian sebesar -0,70 persen.

Baca juga: Dihantam Pandemi Covid-19, SRO Ajak Investor Pasar Modal Berinvestasi dan Menolong Sesama

Baca juga: Rekonstruksi Pembunuhan Plt Kepala BPBD Merangin, Pelaku Ternyata Anak Buahnya

Baca juga: Pengakuan Gadis 16 Tahun Rela Dibawa Kabur ke Sumbar Lalu Nikah Siri dengan Pacar 

Bila dilihat dari sumber pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi triwulan II-2021 (y-on-y), Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan menjadi sumber pertumbuhan tertinggi sebesar 1,60 persen, diikuti Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 0,85 persen, serta Konstruksi sebesar 0,67 persen.

Selanjutnya dari sisi Pengeluaran, pertumbuhan tertinggi adalah Pembentukan Modal Tetap Bruto sebesar 10,33 persen.

“Lalu diikuti Komponen Ekspor sebesar 9,53 persen dan Pengeluaran Konsumsi Pemerintah (PK-P) sebesar 7,70 persen,” ucapnya.

Sementara itu, Ekonomi Provinsi Jambi triwulan II-2021 tumbuh sebesar 4,17 persen (q-to-q). Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi pada Lapangan Usaha Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib sebesar 23,75 persen.

Wahyudin, Kepala BPS Provinsi Jambi
Wahyudin, Kepala BPS Provinsi Jambi (tribunjambi/vira ramadhani)

Dan dari sisi Pengeluaran dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah yang meningkat signifikan sebesar 106,97 persen.

Dikatakannya, Ekonomi Provinsi Jambi triwulan II-2021 (c-to-c) tumbuh 2,52 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh sebagian lapangan usaha, dengan pertumbuhan tertinggi berasal dari Konstruksi sebesar 12,63 persen. Sementara dari sisi pengeluaran terutama didorong oleh Komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto yang tumbuh sebesar 11,52 persen.

“Struktur ekonomi Provinsi Jambi pada triwulan II-2021 didominasi oleh Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan yang memberikan kontribusi terbesar terhadap PDRB, yakni sebesar 32,24 persen,” ungkapnya.

“Sementara pada sisi pengeluaran, PDRB banyak digunakan untuk Komponen Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga sebesar 44,13 persen,” pungkasnya. (Tribunjambi/Vira Ramadhani).

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved