Breaking News:

Ekonomi Jambi

Juli 2021, Kota Jambi Alami Deflasi dan Kota Muara Bungo Inflasi

Berita Jambi-Kota Jambi mengalami deflasi sebesar 0,21 persen dan Kota Muara Bungo mengalami..

Penulis: Vira Ramadhani | Editor: Nani Rachmaini
ist
Wahyudin, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Berdasarkan rilisan data Badan Pusat Statistik Jambi, Senin (2/8/2021), Pada Bulan Juli 2021, Kota Jambi mengalami deflasi sebesar 0,21 persen dan Kota Muara Bungo mengalami inflasi sebesar 0,20 persen.

Wahyudin, Kepala BPS Provinsi Jambi menyampaikan, Deflasi di Kota Jambi terjadi pada 5 (lima) kelompok pengeluaran. Sedangkan inflasi di Kota Muara Bungo terjadi pada 8 (delapan) kelompok pengeluaran barang dan jasa.

Deflasi di Kota Jambi terjadi karena adanya penurunan indeks harga pada 5 (lima) kelompok pengeluaran yaitu kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau sebesar 0,85 persen; Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga sebesar 0,03 persen; Kesehatan sebesar 0,01 persen; Informasi, Komunikasi, dan Jasa Keuangan sebesar 0,02 persen; serta kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya sebesar 0,12 persen

Inflasi di Kota Muara Bungo terjadi pada 8 (delapan) kelompok pengeluaran karena adanya kenaikan indeks harga, yaitu kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau sebesar 0,46 persen; Pakaian dan Alas Kaki sebesar 0,05 persen; Perumahan, Air, Listrik, dan Bahan Bakar Rumah Tangga sebesar 0,23 persen; Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga sebesar 0,47 persen; Kesehatan sebesar 0,03 persen; Transportasi sebesar 0,11 persen; Informasi, Komunikasi, dan Jasa Keuangan sebesar 0,10 persen; serta kelompok Rekreasi, Olahraga, dan Budaya sebesar 0,08 persen.

Sementara itu, Komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya deflasi Kota Jambi bulan Juli 2021 antara lain: daging ayam ras, kangkung, bayam, rampela hati ayam, ikan gabus, sawi hijau, daun singkong, ikan lele, nanas dan udang basah.

“Sedangkan komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya inflasi Kota Muara Bungo adalah cabai merah, bawang merah, cabai rawit, bayam, kentang, rokok putih, kangkung, wortel, daging sapi dan telur ayam ras,” jelasnya.

Dikatakannya, Dari 24 Kota di Sumatera yang menghitung IHK, sebanyak 13 kota mengalami inflasi dan 11 kota deflasi. Inflasi tertinggi se- Sumatera terjadi di Kota Sibolga sebesar 0,62 persen dan terendah di Kota Bandar Lampung sebesar 0,14 persen.

“Dan dari Perbandingan IHK dan Inflasi Antarkota se-Sumatera, Bungo diurutan ke 11 dan Kota Jambi diurutan ke 23,” pungkasnya. (Tribunjambi/Vira Ramadhani)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved