Breaking News:

Berita Sarolangun

Al Haris Singgung PLTU Mulut Tambang di Sarolangun Tak Kunjung Ada Realisasi, Ini Kata Menko Luhut

Berita Jambi-Awalnya proyek pembangunan pembangkit listrik ini ditarget selesai tahun 2020 ini, namun hingga kini belum terealisasi.

Penulis: Zulkipli | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI/ZULKIFLI AZIS
Soal Pembangunan PLTU Mulut Tambang di Sarolangun Ini Kata Menko Marives Luhut 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Satu lagi proyek strategis Provinsi Jambi yang sepertinya sulit terealisasi adalah pembangunan dua pembangkit listrik PLTU Mulut tambang di Kabupaten Sarolangun.

Kedua PLTU itu direncanakan berkapasitas masing-masing 300 mega watt.

Awalnya proyek pembangunan pembangkit listrik ini ditarget selesai tahun 2020 ini, namun hingga kini belum terealisasi.

Gubernur Jambi Al Haris pun meminta kepada Menko Maritim untuk melanjutkan pembangunan 2 PLTU di Kabupaten Sarolangun tersebut dengan mencarikan investor.

Saat Rakor pengembangan infrastruktur di Provinsi Jambi bersama sejumlah Menteri Jumat kemarin pun Gubernur Jambi Al Haris pun meminta kepada Menko Maritim Investasi untuk melanjutkan pembangunan 2 PLTU di Kabupaten Sarolangun tersebut dengan mencarikan investor.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan pun menyampaikan bahwa pembangunan pembangkit listrik dengan coolpayer itu sekarang susah mencarikan investor dana.

"Karena saya ikut dalam masalah lingkungan, jadi orang-orang luar ini sekarang, Amerika dan bank-bank luar ini tidak mau lagi mengasih uang ke situ," kata Luhut.

Luhut pun menawarkan alternatif lain dengan membuat pembangkit listrik menggunakan energi baru terbarukan di Provinsi Jambi seperti memanfaatkan geothermal (energi panas bumi).

"Bapak coba lihat geothermal di sana ada gak, atau air. Mungkin pak Gubernur bisa cari itu," kata Menko Marinves.

Luhut menambahkan, bahwa sekarang dunia mau merobah penggunaan bahan baku pembangkit energi. "Kita juga akan mempensiunkan PLTU-PLTU kita," tambahnya.

Seperti diketahui pembangunan PLTU mulut tambang di Kabupaten Sarolangun ini telah dimulai pembangunanya ditandai dengan peletakan tiang pancang pertama (groundbreaking) oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun pada Kamis (1/2/2018) lalu.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved