Breaking News:

Berita Tebo

Mantan Kades Pemayungan Tebo Dijatuhi Penjara 18 Bulan dan Denda Rp 50 Juta

Berita Jambi-Mantan Kepala Desa Pemayungan, Syaharudin dijatuhi hukuman penjara selama 18 bulan.

Penulis: Mareza Sutan AJ | Editor: Nani Rachmaini
http://lampost.co/
ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Mantan Kepala Desa Pemayungan, Syaharudin dijatuhi hukuman penjara selama 18 bulan.

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jambi menyatakan terdakwa secara melawan hukum, melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.

"Menyatakan terdakwa Syaharudin terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dalam dakwaan subsider," demikian amar putusan yang dibacakan hakim ketua, Yandri Roni.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan dan denda sebanyak Rp50 juta, dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 2 bulan," lanjutnya.

Selain pidana penjara dan denda, majelis hakim juga menghukum terdakwa membayar uang pengganti Rp400.181.600, yang sudah dibayarkan terdakwa sebesar Rp400 juta. Sehingga, kekurangan yang harus dibayar sejumlah Rp181.600.

Jika dua tidak membayar sisa pembayaran uang pengganti tersebut paling lama dalam waktu satu bulan sesudah putusan pengadilan inkrah, maka harta bendanya dapat disita oleh jaksa dan dilelang untuk menutupi kekurangan pembayaran uang pengganti tersebut. Dalam hal terpidana tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka dipidana dengan pidana penjara selama satu bulan.

Sebelumnya, penuntut umum Kejaksaan Negeri Tebo menuntut agar majelis hakim menjatuhkan pidana penjara selama 2 tahun dan denda Rp50 juta subsider 3 bulan.

Dalam dakwaan, perbuatan ini diduga terjadi pada 2018-2019. Syaharudin didakwa memperkaya diri sendiri Rp400.181.600, sehingga merugikan keuangan negara, berdasarkan Laporan Hasil Audit Dalam Rangka Perhitungan Kerugian Keuangan Negara dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jambi Nomor : SR-197/PW05/5/2020 tanggal 14 Agustus 2020.
(Tribunjambi.com/ Mareza Sutan A J)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved