Berita Nasional

KEMAMPUAN Luar Biasa Kapal Perang RS KRI Dr Soeharso yang Mampu Suplai Oksigen di Jateng

Ya, kapal perang rumah sakit milik TNI Angkatan Laut, KRI Dr Soeharso, baru saja bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah

SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Kapal rumah sakit KRI dr Soeharso sandar di Dermaga Madura, Komando Armada II Surabaya, Jawa Timur, Kamis (20/2/2020). Pemerintah menyiapkan KRI dr Soeharso untuk menjemput 74 WNI yang menjadi kru Kapal Pesiar Diamond Princess di Jepang. 

TRIBUNJAMBI.COM - Salah satu kapal perang rumah sakit milik TNI AL ini disebut membantu banyak pihak dalam masa Pandemi Covid-19 ini.

Ya, kapal perang rumah sakit milik TNI Angkatan Laut, KRI Dr Soeharso, baru saja bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Kamis (28/7/2021).

Seperti melansir Kompas.com, KRI Dr Soeharso bersandar di Jateng itu bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien di seluruh rumah sakit di Jawa Tengah.

Komandan Lanal Semarang, Kolonel Laut (P) Nazarudin mengatakan, kapal itu akan bersandar di pelabuhan Tanjung Emas Semarang sampai kebutuhan oksigen di Jawa Tengah sudah terpenuhi.

Baca juga: US Army Datangi Indonesia hingga Black Hawk Akan ke Palembang, KSAD Sambut Baik Kehadiran Militer AS

Baca juga: 10.000 Tentara Rusia dan China Akan Bergabung Dalam Latihan Militer Besar-besaran

Baca juga: BAK Siap Perang! China Gelar Latihan Militer di Laut Sengketa Saat Kapal Induk Inggris Akan Datang

"Kapal ini akan standby sampai terpenuhinya kebutuhan oksigen di Jateng. Jadi tidak ada batas waktu," katanya kepada wartawan, Rabu (28/7/2021).

Sementara itu, seperti dilansir dari TribunJateng.com, kapal dr Soeharso ini memiliki panjang 122 meter diproduksi oleh perusahaan Daesun Shipbuildings & Engineering Co. Ltd, Korea Selatan.

Kapal yang memiliki fasilitas rumah sakit diantaranya terdapat ruang bedah, x-ray, ruang ICU, dan perawatan. Kapal itu juga mengangkut tank, dan dilengkapi helipad.

Komandan KRI dr Soeharso, Letkol laut (P) Choirul Arif, mengatakan, kali ini kapal dr Soeharso sudah diperintahkan ke Kota Semarang untuk menyuplai Oksigen.

Sebelumnya kapal itu juga telah melaksanakan misi serupa di Surabaya.

"Kru KRI dr Soeharso jumlahnya 110 orang untuk membantu suplai oksigen," katanya, Kamis (29/7/2021).

Dikatakannya, kapal itu juga dilengkapi dengan generator oksigen yang mampu memproduksi oksigen sendiri.

Bahkan oksigen yang diproduksi bersumber dari udara bebas.

Baca juga: Injak Kepala Warga di Merauke, 2 Oknum Anggota Polisi Militer Langsung Ditahan di POM AU

Baca juga: China Bereaksi Cepat saat Pesawat Militer AS Mendarat di Taiwan, Lakukan Latihan Pendaratan Amfibi

Baca juga: Amerika Serikat Diganggu Militer Iran yang Mengirim Kapal Perang Perusak dan Pendukung ke Atlantik

"Jadi ada alat, namanya kompresor, mengambil udara dari luar yang selanjutnya dimasukkan ke dalam alat pengisap. Pada alat pengisap itulah yang menguraikan senyawa bukan oksigen.

Lalu senyawa oksigen itu ditampung di dalam tabung penampungan oksigen, dan distribusikan di ruang distribusi oksigen" bebernya.

Halaman
123
Sumber: GridHot.id
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved