Breaking News:

Sidang Korupsi Dana BOS

Bendahara SD di Kuala Tungkal Dihukum Penjara dan Denda karena Menyalahgunakan Dana BOS

Perkara dugaan tindak pidana korupsi di SDN 04/V Kuala Tungkal atas terdakwa Nurmina memasuki masa minutasi.

Penulis: Mareza Sutan AJ | Editor: Rahimin
Via Tribun Kaltim
Ilustrasi korupsi - Bendahara SD di Kuala Tungkal Dihukum Penjara dan Denda karena Menyalahgunakan Dana BOS 

Bendahara SD di Kuala Tungkal Dihukum Penjara dan Denda karena Menyalahgunakan Dana BOS

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Perkara dugaan tindak pidana korupsi di SDN 04/V Kuala Tungkal atas terdakwa Nurmina memasuki masa minutasi.

Sebelumnya, majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jambi memberikan tenggang waktu selama satu pekan atas putusan yang dibacakan pada 15 Juli 2021 lalu.

Dalam sidang putusan itu, majelis hakim menjatuhkan pidana penjara selama satu tahun dan dua bulan, serta hukuman denda Rp50 juta dengan subsider satu bulan kurungan.

Selain itu, majelis hakim yang diketuai Morailam Purba juga menghukum terdakwa membayar uang pengganti sebesar Rp169.909.470 yang diperhitungkan dengan uang yang telah terdakwa titipkan melalui jaksa, untuk dimasukkan ke kas negara.

Putusan yang dijatuhkan majelis hakim sebagaimana dakwaan subsider penuntut umum.

"Bersalah secara melawan hukum melakukan perbuatan dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang merugikan keuangan negara atau perekonomian negara sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 3 Jo pasal 18 ayat (1) huruf b Undang-undang RI nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-undang RI nomor 20 tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang undang RI nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi," kata hakim ketua membacakan pada sidang putusan lalu.

Putusan majelis hakim lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Barat yang menuntut agar terdakwa dijatuhi hukuman penjara selama satu tahun dan delapan bulan.

Jaksa juga menuntut agar majelis hakim menjatuhkan pidana denda Rp50 juta subsider tiga bulan dan uang pengganti dengan jumlah yang sama.

Sebagai informasi, Nurmina didakwa telah  melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara. Perbuatan itu diduga dilakukan saat dia menjabat sebagai bendahara di SDN 04/V Kuala Tungkal, sekitar tahun 2017-2019.

Ia didakwa menggunakan Bantuan Opersional Sekolah (BOS) tahun anggaran 2017, 2018 dan 2019 Sekolah Dasar Negeri 04/V Kuala Tungkal untuk kepentingan pribadi, sehingga menyebabkan kerugian negara sebesar Rp169.909.470.(Tribunjambi.com/ Mareza Sutan A J)

Kepsek di Tanjab Barat Dituntut 1,8 Tahun Penjara, Kasus Korupsi Dana BOS

Mayat Boceng, Pemulung yang Ditemukan di Simpang Kawat Dibawa ke RS Bhayangkara Jambi

IDI Jambi Akan Cari Alternatif Isoman Buat Nakes jika Hotel Grand Malioboro Dikelola Pemerintah

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved