Breaking News:

Karyawan Mogok

Sempat Viral Aksi Mogok Kerja di Id Express di Thehok Kota Jambi, Karyawan Menolak Perubahan Status

Berita Kota Jambi - Aksi mogok kerja itu merupakan bentuk protes para karyawan atas keputusan baru yang diberlakukan perusahaan.

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Rahimin
tribunjambi/Monang Widyoko
Sempat viral video aksi karyawan perusahaan jasa pengiriman Id Express, melakukan mogok kerja di kawasan kantor Id Express di kawasan Thehok 

Sempat Viral Aksi Mogok Kerja di Id Express di Thehok Kota Jambi, Karyawan Menolak Perubahan Status

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sempat viral video aksi karyawan perusahaan jasa pengiriman Id Express, melakukan mogok kerja di kawasan kantor Id Express di kawasan Thehok, Kota Jambi pada  Rabu (21/7/2021) di media sosial.

Namun beberapa waktu terakhir video tersebut dihapus oleh akun media sosial yang mengunggah video aksi mogok kerja itu.

Ternyata, aksi mogok kerja itu merupakan bentuk protes para karyawan atas keputusan baru yang diberlakukan perusahaan. Yakni mengubah Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) menjadi Mitra Id Express.

Feri, satu pegawai yang memutuskan mengundurkan diri setelah keputusan itu mengatakan, perubahan PKWT menjadi Mitra Id Express ini dianggap merugikan karyawan.

"Rata-rata status PKWT yang dijadikan mitra ini adalah kami-kami yang bertugas sebagai kurir," beber Feri saat dikonfirmasi, Kamis (22/7/2021).

Ia mengatakan, Mitra Id Express ini mengubah status karyawan dengan status PKWT menjadi freelance. Selain itu upah yang diterima sebagai mitra pun menjadi perhari dengan sebesar Rp 50 ribu per harinya.

Menurutnya, perubahan ini yang membuat aksi mogok kerja itu dilancarkan, sebagai bentuk protes diberlakukannya status frelance kepada para kurir.

"Jadi pagi harinya kami dibriefing oleh atasan kami. Briefing tersebut intinya menjelaskan kami para kurir akan diubah menjadi mitra. Terlebih mengetahui gaji kami yang biasanya Rp 2 jutaan perbulan menjadi dibayar Rp 50 ribu per hari, kami jelas menolak," ungkapnya.

Setelah dari briefing tersebut, para karyawan yang sebagian besar menjadi kurir di Id Express langsung mendatangi Kantor Disnekerkop dan UMKM Kota Jambi untuk mengadu hal tersebut.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved