Breaking News:

Berita Batanghari

Proyek Hibah Air Minum Perkotaan Mangkrak, Ratusan Warga Desa Kilangan Tak Tersentuh Air Bersih

Berita Batanghari-Ratusan warga di Desa Kilangan, Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari belum merasakan air bersih dari program hibah

Penulis: A Musawira | Editor: Nani Rachmaini
(Tribunjambi/A Musawira)
SR dipasang secara gratis dari program masyarakat Berpenghasilan Rendah (BPR) melalui kegiatan Kementrian PUPR pada 2019. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN-Ratusan warga di Desa Kilangan, Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari belum merasakan air bersih dari program hibah air minum perkotaan Kabupaten Batanghari.

Sambungan rumah (SR) itu dipasang secara gratis dari program masyarakat Berpenghasilan Rendah (BPR) melalui kegiatan Kementrian PUPR anggaran APBN 2019.

Hingga saat ini air yang tak mengalir di wilayahnya tak menuai sanggahan dari warga setempat.

Informasi ini disampaikan M Jasmin Pj Kepala Desa Kilangan, Kecamatan Muara Bulian pada Kamis (22/7/2021).

Menurutnya pihak desa sampai saat ini belum menerima pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan SR yang tidak mengalir airnya dalam kurun waktu lebih kurang satu tahun.

“Sebelumnya masyarakat desa menggunakan sumur bor, hampir semua RT sudah ada, namun SR yang gratis itu sekira ada 118 KK yang mendapatkan. Mereka yang peroleh merupakan masyarakat berpenghasilan rendah,” kata M Jasmin Pj Kepala Desa Kilangan, Kecamatan Muara Bulian, Kamis (22/7/2021).

Pihak desa dan warga setempat belum mengetahui penyebab pasti air tidak mengalir padahal pipa dan meteran air sudah terpasang dengan lengkap seharusnya berfungsi sebagaimana semestinya.

“SR yang dipasang Perumda Tirta Batanghari kegiatan proyek pada 2019. Sebanyak 118 SR yang terpasang. Di Desa Kilangan ada dua RT, RT 1 dan RT 2 dari 9 RT seluruhya di Desa Kilangan. Saya berharap SR yang terpasang itu hidup, setidaknya-tidaknya bisa mengganti air sumur bor. Kalau dilihat air yang dihasilkan dari sumur bor kadar zat besinya tinggi dan airnya juga keruh,” ujarnya.

Ibu Rumah Tangga RT 01 Desa Kilangan, Susilawati mengatakan pemasangan ini sudah setahun lebih. Dia mengetahui pemasangan ini namun tak memahami airnya tidak mengalir.

“Kita ada sumur bor, untuk air minum saya beli. Air desa ini susah, saya berharap agar sambungan yang terpasang teraliri secara normal,” pungkasnya.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved