Breaking News:

Berita Batanghari

Ade Ambone, Youtuber dengan Konten Makam Keramat di Batanghari: Mengulik Cerita Dari Memori Orangtua

Lewat sejumlah konten yang dia unggah ke kanal YouTube Siginjai99, Ade Ambone sukses mendukung ribuan subscribers.

Penulis: A Musawira | Editor: Andreas Eko Prasetyo
Tribunjambi.com/A. Musawira
Afrizal J Toisuta (53) (Kanan) adalah seorang Youtuber yang tinggal di Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari. Selain Youtuber, dia juga menggeluti profesi sebagai jurnalis senior di Kabupaten Batanghari. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Afrizal J Toisuta (53) adalah seorang Youtuber yang tinggal di Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari. Selain Youtuber, dia juga menggeluti profesi sebagai jurnalis senior di Kabupaten Batanghari.

Dia yang akrab disapa Ade Ambone (53) mulai fokus menjajaki YouTuber sejak Juli 2020 lalu.

Dia kerap menghasilkan konten menginspirasi terkait kesejarahan di Kabupaten Batanghari.

Lewat sejumlah konten yang dia unggah ke kanal YouTube Siginjai99, Ade Ambone sukses mendukung ribuan subscribers.

Afrizal J Toisuta (53) adalah seorang Youtuber yang tinggal di Muara Tembesi
Afrizal J Toisuta (53) adalah seorang Youtuber yang tinggal di Muara Tembesi (Tribunjambi.com/Musawira)

"Kabupaten Batanghari ini merupakan kabupaten tertua di Provinsi Jambi. Banyak peninggalan sejarah tersebar di Batanghari namun penggalian sejarah itu sangatlah minim karena ini saya terpanggil untuk mengedukasi masyarakat tentang nenek moyang mereka melalui makam-makam keramat," ujar dia Pria kelahiran Padang, 8 April 1968 itu.

Makam keramat yang dikunjungi kata dia mereka adalah orang-orang hebat yang tidak lepas daripada hidup dan penghidupan di Batanghari. Seperti Puyang Tahan Kilang di Kecamatan Mersam telah ada pada masa datuk Paduko Berhala.

"Makam keramat Puyang Tahan Kilang ada di Mersam. Banyak orang tidak tahu tentang sejarahnya. Saya mengulik melalui orang tua-tua yang masih menyimpan memori tentang Puyang Tahan Kilang,” kata Ade Ambone.

Afrizal J Toisuta (53) adalah seorang Youtuber yang tinggal di Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari. Selain Youtuber, dia juga menggeluti profesi sebagai jurnalis senior di Kabupaten Batanghari.
Afrizal J Toisuta (53) adalah seorang Youtuber yang tinggal di Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari. Selain Youtuber, dia juga menggeluti profesi sebagai jurnalis senior di Kabupaten Batanghari. (Tribunjambi.com/A. Musawira)

Penelusuran sejarah diberbagai tempat, kadang kala, dia harus melewati medan yang cukup sulit seperti menyebrangi sungai, jalan ke hutan dan mendaki bukit.

“Desa-desa tua ada dipinggiran Sungai Batanghari. Kita masuk hutan dan mendaki bukit karena makam keramat itu letaknya dipermukaan tanah yang lebih tinggi. Ungkapan sejarah dipedesaan selama ini hanya dari mulut ke mulut, kali ini saya kemas melalui konten di YouTube,” katanya.

Sementara itu, ucap dia Desa Koto Boyo yang berada di Kecamatan Batin XXIV pertama kali diberi oleh seorang sultan anak dari Raja Jambi yang bernama Imbang Jayo.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved