Breaking News:

Berita Jambi

Satlantas Polresta Jambi Sukses Budidaya Lele dan Panen 50 Kg dari Halaman Kantor yang Minim Ruang

Kreatif, mungkin kata tersebut layak diungkapkan bagi jajaran Satuan Lalu Lintas  (Satlantas)

Penulis: Aryo Tondang | Editor: Nani Rachmaini
Aryo Tondang/tribunjambi
Edukasi Ketahanan Pangan di Masa Pandemi, Satlantas Polresta Jambi Sukses Panen 50 Kg Lele dari Halaman Kantor yang Minim 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Kreatif, mungkin kata tersebut layak diungkapkan bagi jajaran Satuan Lalu Lintas  (Satlantas) Polresta Jambi, yang menyulap celah di halaman Unit Lantas menjadi area untuk budidaya ikan lele.

Meski dengan lahan yang sangat minim, yakni ukuran 1 X 12 meter, personel di jajaran Satlantas mampu menata rapi 12 ember ukuran besar untuk budidaya ratusan ikan lele.

Belasan ember tersebut disusun rapi sejajar di halaman kantor, tepat di depan loket pengurusan surat izin mengemudi (SIM).

Dalam satu ember, maksimal diisi dengan 10 sampai 12 ekor ikan lele, sehingga jika ditotal, mencapai 144 ekor ikan, atau jika dipanen mencapai 50 Kg di usia 2 sampai 3 bulan.

Hal tersebut justru menjadi pemandangan tersendiri bagi masyarakat yang sedang mengurus SIM, dimana, di sela antrian kepengurusan administrasi, mata masyarakat dimanjakan dengan ikan-ikan yang berada di dalam ember tersebut.

Tidak hanya itu, bagian atas ember juga ditanami sayuran kangkung, dengan menggunakan serupa wadah pelastik untuk menutupi permukaan air ember, yang juga menjadi konsumsi ikan lele.

Kasat Lantas Polresta Jambi, Kompol Doni Wahyudi mengatakan, hal tersebut merupakan contoh, agar masyarakat termotivasi untuk melakukan ketahanan pangan di masa pandemi covid-19 saat ini.

Katanya, tidak harus  butuh lahan yang luas untuk membudidayakan ikan lele.

"Ini merupakan contoh untuk masyarakat untuk melakukan ketahanan pangan di masa pandemi sekarang," kata Doni, Senin (19/7/2021).

Kata Doni, ini kali kedua pihaknya panen ikan lele hasil budidaya di halaman kantor yang minim, dan hasilnya langsung dibagikan bagi masyarakat.

"Tadi ada sekira 50 Kg yang kita panen, dan sudah dibagi ke masyarakat," bilangnya.

Selain itu, kangkung yang ditanam di atas permukaan air juga tampak tumbuh dengan subur, dan juga langsung dibagikan kepada masyarakat.

Baca juga: Kisah Seorang Ibu Merangkul Anaknya yang Telah Meninggal Dunia Selama 3 Hari

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved