Breaking News:

Komunitas

Komunitas IKA UII Jambi, Kembali ke Jambi dan Memberikan Manfaat pada Sekitar

Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Islam Indonesia (UII) Jambi, bergerak di bidang sosial, memiliki tujuan memberikan kebermanfaatan

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Fifi Suryani
Istimewa
Foto bersama pengurus dan anggota Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Islam Indonesia (UII) Jambi usai menggelar kegiatan di Jambi baru-baru ini. Hingga saat ini jumlah keanggota mencapai 1.300 orang dan aktif menggelar kegiatan setiap bulan. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Islam Indonesia (UII) Jambi, bergerak di bidang sosial, memiliki tujuan memberikan kebermanfaatan dan hal positif sebanyak-banyaknya kepada masyarakat sekitarnya.

IKA UII memiliki anggota keseluruhan sekitar 1.300 orang, di Kota Jambi sekitar 600-an orang alumni UII.

Menurut Ketua DWP IKA UII Jambi IKA UII terbentuk pada tahun 2009, dan mulai rutin mengadakan kegiatan pada akhir 2019 atau awal 2020.

Kegiatan yang diadakan bermacam-macam, diantaranya memberikan bantuan ke pesantren, santunan ke panti asuhan, bantuan Covid-19, kunjungan panti jompo, touring ke Kuala Tungkal, talkshow dan lain sebagainya.

"Kita punya banyak kegiatan dan dalam 1 bulan minimal ada 1 kegiatan, saat touring ke Kuala Tungkal juga sekaligus silaturahmi dengan alumni yang ada di sana, dan silaturahmi ke pesantren juga," jelas Muhamat Selamat, Ketua DPW IKA UII Provinsi Jambi.

Pada bulan ini IKA UII akan mengadakan pelatihan manajemen pengelolaan persampahan dan pelatihan budidaya maggot.

Kegiatan ini siapapun boleh ikut, kelompok masyarakat, pemuda RT dll, dan kemungkinan kegiatan diadakan di Mendalo.

"Rencana nya di bulan ini, kita mengadakan pelatihan manajemen pengelolaan persampahan karena kan sekarang sampah juga bisa jadi uang dan pelatihan maggot kan sekarang juga lagi tren, kita masih menunggu waktu yang tepat," tambahnya.

"Kegiatan ini kita bekerjasama dengan trainer, kita hanya memfasilitasi saja, dan target kita setiap desa berdiri satu bank sampah dan budidaya maggot, ini juga upaya IKA UII memberikan manfaat pada sekitar," lanjutnya.

Meskipun berasal dari universitas yang jauh dari Jambi, namun kembali ke Jambi dan bersama-sama membuat hal yang positif untuk Jambi.

"Di sini meksipun kita berasal dari universitas yang jauh tapi ketika pulang kita milik daerah dan ingin memberikan kebermanfaatan dan dampak positif bagi sesama alumni dan masyarakat sekitar," tutupnya.

Ia juga mengatakan yang jelas IKA UII tidak ada niat lain selain ingin menimbulkan kemanfaatan untuk masyarakat Jambi sebanyak-banyaknya dan kita juga memberi ruang untuk alumni-alumni, saling support dan mempererat tali silaturahmi.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved