Breaking News:

BUMDes di Batanghari Mati Suri

Tata Kelola Dana BUMdes di Batanghari Masih Ada Melawan Hukum, Dinas PMD Imbau Selalu Koordinasi

Berita Batanghari -Penyertaan modal BUMdes itu dari anggaran APBDes dari dana desa yang disepakati dari musyawarah desa.

Penulis: A Musawira | Editor: Rahimin
tribunjambi/musawira
Sumadi Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas PMD Batanghari.Tata Kelola Dana BUMdes di Batanghari Masih Ada Melawan Hukum, Dinas PMD Imbau Selalu Koordinasi 

Tata Kelola Dana BUMdes di Batanghari Masih Ada Melawan Hukum, Dinas PMD Imbau Selalu Koordinasi

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Penyertaan modal BUMdes itu dari anggaran APBDes dari dana desa yang disepakati dari musyawarah desa.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Batanghari, Sumadi.

Menurutnya, Kabupaten Batanghari kata dia paling dominan adalah BUMdes terkait pakan ikan, kolam ikan, DO sawit dan toko bangunan.

“Ketika pemerintah desa menganggarkan untuk BUMdes, terlebih dahulu direktur menyampaikan proposal perencanaannya,” katanya, saat dikonfirmasi tribunjambi.com, Rabu (14/7/2021).

Pengawasan terkait BUMdes dilakukan oleh BPD dari sektor pengawasan terhadap pemerintah desa dalam hal pelaksanaan kegiatan dan pembinaan BUMdes yang ada.

Sejauh ini, di Kabupaten Batanghari masih ditemukan pengurus BUMdes yang melakukan pelanggaran dan itu telah ditindaklanjuti aparat penegak hukum.

“Hal itu murni kesalahan oknum dalam kepengurusan BUMdes, misalnya pengelolaan BUMdes di Desa Olak Besar, Batin XXIV,”

“Direktur BUMdes diimbau untuk mengatur tata kelola keuangan yang lebih bagus lagi selalu berkoordinasi bersama pendamping desa, tenaga ahli sehingga BUMdes sendiri bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Diketahui pengelolaan Badan Usaha Miliki Desa (BUMdes) di Kabupaten Batanghari masih menghadapi sejumlah kendala, hasilnya tak sedikit kegiatan di BUMdes vakum alias mati suri.

Dari 110 desa di Batanghari, hanya 80 BUMdes yang masih dalam kategori aktif dan selebihnya mati suri.(tribun jambi/musawira)

Puluhan BUMdes di Batanghari Mati Suri, Dinas PMD Sudah Lakukan Monitoring dan Sosialisasi

Mashuri Sebut TMMD Wujudkan Impian Masyarakat Merangin Miliki Jalan Bagu

ASN di Lingkup Pemkab Merangin Wajib Vaksin Covid-19 atau Bakal Kena Sanksi Ini

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved