Breaking News:

Nilai Tukar Petani Provinsi Jambi Juni 2021 Turun 0,01 Persen

Wahyudin Kepala BPS Provinsi Jambi menyampaikan, Penurunan NTP dikarenakan Indeks Harga yang Diterima Petani (It) turun sebesar 0,59 persen sedangkan

Penulis: Vira Ramadhani | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
ist
Wahyudin, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Berdasarkan hasil pemantauan harga-harga perdesaan di sepuluh kabupaten/kota di Provinsi Jambi, Nilai Tukar Petani (NTP) Provinsi Jambi Juni 2021 sebesar 124,08 atau turun 0,01 persen dibanding NTP bulan sebelumnya.

Wahyudin Kepala BPS Provinsi Jambi menyampaikan, Penurunan NTP dikarenakan Indeks Harga yang Diterima Petani (It) turun sebesar 0,59 persen sedangkan Indeks Harga yang Dibayar Petani (Ib) turun sebesar 0,58 persen.

Pada Juni 2021, NTP Provinsi Jambi untuk masing-masing subsektor tercatat sebesar 97,44 untuk subsektor Tanaman Pangan (NTPP); 92,42 untuk subsektor Hortikultura (NTPH); 131,57 untuk subsektor Tanaman Perkebunan Rakyat (NTPR); 102,43 untuk subsektor Peternakan (NTPT); dan 110,72 untuk subsektor Perikanan (NTNP) yang terdiri dari Perikanan Tangkap (NTN) sebesar 114,02 dan Perikanan Budidaya (NTPi) sebesar 99,71.

“Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian (NTUP) Provinsi Jambi Juni 2021 sebesar 124,29 atau turun 0,83 persen dibanding NTUP bulan sebelumnya,” jelasnya beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Inflasi perdesaan di Provinsi Jambi tercatat sebesar minus 0,79 persen. Inflasi terjadi pada empat kelompok konsumsi rumah tangga yaitu kelompok Kesehatan, kelompok Transportasi, serta kelompok Informasi, Komunikasi dan Jasa Keuangan, serta kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya.

Baca juga: Abdullah Sani: TMMD Wujud Sinergitas Pemerintah Daerah dengan TNI Percepat Aklerasi Pembangunan

Baca juga: Siap-siap, Eselon III dan IV Pemkab Tebo Bakal Dirotasi Dalam Waktu Dekat

Baca juga: Sebelum Ditangkap, Jennifer Jill Sempat Jalani Rehabilitasi Narkoba Namun Masih Pakai Sabu

Deflasi terjadi pada kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau; kelompok Pakaian dan Alas Kaki; kelompok Perumahan, Air, Listrik dan Bahan Bakar Rumah Tangga; serta kelompok Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga.

Sedangkan kelompok Rekreasi, Olahraga, dan Budaya; kelompok Penyediaan Makanan dan Minuman/ Restoran; serta kelompok Pendidikan tidak terjadi perubahan indeks.

“Nilai Tukar Usaha Pertanian Provinsi Jambi pada Juni 2021 berada pada urutan ke-tiga diantara sepuluh provinsi se-Sumatera yaitu sebesar 124,29,” ujarnya.

“Angka NTUP tertinggi di Provinsi Riau yaitu sebesar 137,33 dan NTUP terendah di Provinsi Aceh yaitu sebesar 101,39. Sedangkan peningkatan NTUP terbesar di Provinsi Sematera Selatan yaitu naik sebesar 0,92 persen,” pungkasnya.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved