Breaking News:

Vaksinasi Anak di Kota Jambi

Dua Siswa SMP Negeri 1 Kota Jambi Alami KIPI Usai Vaksin, dr Deri Mulyadi: Itu Masih Normal

Berita Kota Jambi - Dua siswa SMP Negeri 1 Kota Jambi mengalami kejadian ikutan paska imunisasi (KIPI) usai ikut vaksinasi Covid-19, Senin (12/7/2021

Penulis: Rara Khushshoh Azzahro | Editor: Rahimin
tribunjambi/mareza sutan
ketua IDI Provinsi Jambi, dr Deri Mulyadi. Dua Siswa SMP Negeri 1 Kota Jambi Alami KIPI Usai Vaksin, dr Deri Mulyadi: Itu Masih Normal 

Dua Siswa SMP Negeri 1 Kota Jambi Alami KIPI Usai Vaksin, dr Deri Mulyadi: Itu Masih Normal

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dua siswa SMP Negeri 1 Kota Jambi mengalami kejadian ikutan paska imunisasi (KIPI) usai ikut vaksinasi Covid-19, Senin (12/7/2021).

dr Deri Mulyadi, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Jambi mengatakab, itu semua hal yang lumrah dan masih bisa ditolerir dalam ilmu kedokteran.

"Kejadian itu semua masih on the track kok. Jangan terlalu ketakutan, itu masih batas normal," ungkapnya, Rabu (14/07/2021).

Ia menanggapi harus mengetahui konteksnya terlebih dahulu atas kejadian KIPI, yang kali ini pada siswa SMPN 1 Negeri Kota Jambi.

Pertama itu merupakan vaksin Covid-19, kedua secara umum semua vaksin pasti memiliki efek sampingnya. "Pasti ada kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI)," katanya.

Andai yang terjadi efek pada satu orang dari satu juta orang, itupun masih terbilang wajar.

Kalimat tersebut diucapkannya lantaran jika dibandingkan dengan manfaatnya yang lebih banyak, dari pada efeknya. "Kecuali ada yang meninggal sepuluh dari beberapa orang, artinya nggak aman itu kan," katanya lagi.

Pernyataan aman pun sudah dikeluarkan oleh WHO. Deri Mulyadi bilang, vaksin ini juga digunakan untuk kondisi yang emergency.

"Jadi tidak seideal, tidak selengkap melihat akibat hasil efek samping dibandingkan vaksin-vaksin yang sudah established. Seperti vaksin Polio, vaksin Hepatitis, dan sebagainya," ujarnya.

Kembali lagi, kalau pun emergency, semua KIPI yang diperkirakan muncul semua dianggap masih batas tolerir.

Sementara, Wali Kota Jambi H Syarif Fasha mengatakan, tidak usah panik kepada orang tua maupun anak-anak terkait gejala klinis usai vaksinasi Covid-19.

"Mungkin dari seribu yang kita vaksin, ada satu dua itu biasa. Toh setelah setengah jam juga kondisinya membaik," katanya.(TribunJambi/Rara Khushshoh Azzahro)

Siswa SMPN 1 Kota Jambi Tumbang Usai Divaksin, Wakepsek Sebut Kondisinya Tak Berbahaya

Baca juga: Pedangdut Neneng Anjarwati Meninggal Setelah Dinyatakan Covid-19, Punya Sakit Diabetes & Batu Ginjal

Baca juga: Nakes di Jambi Vaksin Tiga Kali, Begini Komentar Ketua IDI Jambi Soal Vaksin Moderna

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved