Breaking News:

Berita Internasional

Dunia Heran Lihat Jet Tempur Uzur China di Langit Taiwan, Tiongkok Disebut Punya Rencana Sangar Ini

Yang cukup mengejutkan ialah terdapat jet tempur tua Chengdu J-7 yang ikut diterbangkan oleh China dalam operasi ke langit Taiwan.

Editor: Andreas Eko Prasetyo
Petty Officer 3 Vance Hard
(ilustrasi) Pesawat Jet China 

TRIBUNJAMBI.COM - Lagi-lagi mencuat konflik panas antara Taiwan vs China beberapa waktu ini.

Bahkan China juga diketahui sampai mengirim jet tempurnya ke wilayah Taipei bulan lalu.

Yang cukup mengejutkan ialah terdapat jet tempur tua Chengdu J-7 yang ikut diterbangkan oleh China dalam operasi ke langit Taiwan.

Diketahui pula pada 17 Juni, bersama dengan sejumlah pesawat lain, empat unit J-7 diterbangkan dan dilaporkan mendekati wilayah Taiwan.

Didapatinya ada Jet J-7 dalam operasi tersebut yang membuat negara-negara lain penasaran, mengapa jet tempur generasi kedua itu bisa dikerahkan bersama dengan pesawat lain yang lebih modern.

J-7 merupakan jet tempur generasi kedua China yang awalnya dimodelkan pada MiG-21 buatan Uni Soviet pada dekade 1960-an.

Seperti melansir dari Asia One, Minggu (11/7/2021), beberapa sumber turut menduga jet tempur uzur tersebut dilibatkan karena sudah diubah menjadi drone target.

Baca juga: MEMANASNYA Laut China Selatan Usai China Usir Kapal AS, Indonesia & Tetangga Lainnya Ikut Terseret

Baca juga: China Mengusir Kapal Perang AS di Laut China Selatan, Begini Penjelasan PLA

Baca juga: Kapal Perang AS USS Benfold Diusir Tiongkok yang Masuk Wilayah Laut China Selatan

Jika memang demikian, maka upaya tersebut merupakan cara yang “hemat” bagi Beijing untuk bisa mengasah kemampuan tempur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dan menguji respons Taiwan.

Sumber-sumber itu pun menambahkan, upaya itu mungkin juga merupakan cara dari China untuk menguji apakah semua jet tempur Taiwan sudah kembali beroperasi.

Menurut sejumlah laporan melalui media China daratan, Beijing pun telah mengubah ribuan jet tempur generasi kedua yang dinonaktifkan, termasuk J-7, menjadi pesawat nirawak (UAV).

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved