Breaking News:

Pemangkasan Pohon

Cuaca Ekstrim di Kota Jambi Beberapa Hari Terkahir Ini, Dinas LH Antisipasi Pohon Tumbang

Berita Kota Jambi - Memasuki puncak musim kemarau pada Juli dan Agustus, tapi potensi hujan ringan hingga lebat disertai angin kencang

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Rahimin
tribunjambi/Monang Widyoko
Dinas Lingkungan Hidup (Dinas LH) Kota Jambi melakukan evaluasi dan melakukan pemangkasan pohon-pohon. 

Cuaca Ekstrim di Kota Jambi Beberapa Hari Terkahir Ini, Dinas LH Antisipasi Pohon Tumbang 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Cuaca Kota Jambi sedang tidak menentu. Memasuki puncak musim kemarau pada Juli dan Agustus, tapi potensi hujan ringan hingga lebat disertai angin kencang dan petir masih terjadi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi memprediksi, potensi itu akan terjadi dalam 2-3 hari ke depan. 

Dari informasi BMKG Provinsi Jambi, hal ini diakibatkan adanya gangguan dari gelombang atmosfer yang disebut dengan MGO (Madden Julian Oscillation), sehingga dapat memicu perubahan cuaca.

Sebagai bentuk antisipasi prakiraan cuaca tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi melakukan evaluasi dan melakukan pemangkasan pohon-pohon.

Ini guna mengantisipasi adanya pohon tumbang yang diakibatkan cuaca ekstrim seperti hujan disertai angin kencang, seperti yang terjadi di Kota Jambi dalam beberapa hari terakhir.

"Hari ini kami melakukan pemangkasan di Jalan Basuki Rahmat, arah sekitaran Tugu Keris. Itu bentuk antisipasi kami untuk mencegah terjadinya pohon tumbang saat cuaca ekstrim yang terjadi beberapa hari ini," ungkap Ardi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, Selasa (13/7/2021).

Ardi bilang, pihaknya telah melakukan pemangkasan di daerah lainnya seperti di Jalan Sumantri Bojonegoro, Jalan Adam Malik, kawasan The Hok, dan wilayah lainnya.

"Untuk mengurangi beban pohon, jadi dipangkaslah pohon-pohon yang lebat. Dan pohon yang dirasa rawan kami tebang," katanya.

Meski telah dilakukan pemangkasan dan lain sebagainya, terkait cuaca ektrim ini dirinya meminta masyarakat tetap mewaspadai pohon tumbang saat cuaca hujan.

"Kami imbau untuk masyarakat Kota Jambi, terutama saat berkendara di cuaca ekstrim, tetap waspada dan awas. Kami juga tidak dapat menahan kuasa Tuhan apa bila terjadi angin kencang dan hujan lebat yang memicu pohon tumbang. Setidaknya kami telah berusaha dengan memangkas serta menumbangkan pohon-pohon yang sudah lapuk," pungkasnya.(Tribunjambi.com/Widyoko)

Hujan Deras Sebabkan 9 Titik Longsor Besar dan Kecil di Jalan Lintas Kerinci-Merangin

Istri Sekretaris Dinas Damkar Sarolangun Diduga Aniaya Kasubag Umum Bawahan Suaminya

Maulana Minta Pembagian Daging Hewan Hurban Harus Memenuhi Standar Protokol Kesehatan

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved