Breaking News:

Hujan Tiga Hari

Masyarakat Jambi Diminta Waspadai Hujan Ringan Hingga Lebat Diprediksi Terjadi Tiga Hari ke Depan

Berita Jambi-BMKG mengatakan hal ini terjadi diakibatkan adanya fenomena MGO (Madden Julian Oscillation) yang aktif melalui wilayah Provinsi Jambi.

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Nani Rachmaini
ist
Ilustrasi hujan 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sejumlah wilayah di Provinsi Jambi diprediksi akan dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada tiga hari ke depan.

Hal ini diungkapkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi, Senin (12/7/2021).

BMKG mengatakan hal ini terjadi diakibatkan adanya fenomena MGO (Madden Julian Oscillation) yang aktif melalui wilayah Provinsi Jambi.

"Saat ini kita sudah memasuki musim kemarau. Namun potensi terjadinya hujan itu masih ada. Hal ini disebabkan adanya gangguan dari gelombang atmosfer yang disebut dengan MGO, sehingga dapat memicu perubahan cuaca. Ini diprediksi akan terjadi pada 2-3 hari ke depan," jelas Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun BMKG Sultan Thaha Jambi, Annisa Fauziah.

Ia menambahkan, daerah yang perlu mewaspadai adanya hujan lebat disertai petir dan angin kencang berada di daerah Kabupaten Kerinci, Sarolangun, Merangin, Tanjab Timur, Tanjab Barat, Muaro Jambi, Batanghari, dan Kota Jambi.

"Ya daerah-daerah ini yang kami imbau untuk perlu mewaspadai ada peluang hujan lebat disertai petir dan angin kencang dalam 2 sampai 3 hari ke depan," ucapnya.

Sementara itu, untuk puncak kemarau sendiri, Annisa mengatakan saat ini sudah memasuki puncak kemarau.

"Puncak kemarau diprediksi pada Juli dan Agustus. Musim kemarau sendiri akan berlangsung hingga Oktober 2021 mendatang," bebernya.

Dirinya pun tidak lupa mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati pada musim kemarau ini dan mewaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan.

(Tribunjambi.com/Widyoko)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved