Breaking News:

Antisipasi Karhutla di Provinsi Jambi, Sejumlah Personil Telah Diturunkan di Daerah Rawan

Ada 100 personel yang disebar ke beberapa titik yang kerap terjadi kebakaran hutan dan lahan. Petugas ini mendeteksi titik api yang terjadi.

Penulis: Zulkipli | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Aryo Tondang
Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M Zulkifli 

TRIBIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Di pucak musim kemarau tahun ini, hujan masih terus mengguyur Provinsi Jambi.

Sehingga penanganan karhutla di Provinsi Jambi sedikit terbantukan.

"Kalau puncaknya sudah masuk musim kemarau, tapi ini masih ada hujan. Walau pun panas dua sampai tiga hari, selanjutnya ada hujan," kata Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli selaku Dansatgas Penanganan Karhutla Provinsi Jambi, Minggu (11/7/2021).

Lanjutnya, prediksi awal puncak musim kemarau sendiri terjadi pada awal Juni, Juli Agustus dan September. Kata Zulkifli di bulan Oktober mendatang telah memasuki awal musim penghujan.

"Tentu kalau di musim kemarau masih ada hujan, ini yang kita harapkan, karena sedikit membantu dalam penanganan kebakaran hutan," tambahnya.

Meski demikian, pihaknya tetap melakukan antisipasi. Beberapa personel telah dikerahkan ke lokasi yang rawan kebakaran, seperti Kabupaten Muarojambi yakni di Londrang, dan Kabupaten Tanjab Timur di Sadu serta di Kabupaten Tanjab Barat.

"Kita terus melakukan patroli untuk melakukan pemantauan, sekarang ini yang menjadi perhatian di hutan Tahura, patroli terus ditingkatkan," sebutnya.

Terakhir, ada 100 personel yang disebar ke beberapa titik yang kerap terjadi kebakaran hutan dan lahan. Petugas ini mendeteksi titik api yang terjadi.

"Yang jelas hari-hari itu ada titik api, cuma ketika terdeteksi petugas dilapangan langsung mengantisipasi untuk memandamkan," ungkapnya.

Dia berharap, kejadikan kebakaran atau karhutla di Provinsi Jambi tak lagi terbakar seperti tahun 2015 dan tahun 2019 silam. Pasalnya ini sangat menrugikan masyarakat banyak.

"Kita berharap ini semua bisa teratasi, khususnya di lahab gambut yang harus ditekan, sehingga kebakaran tak terjadi meluas," pungkasnya.

Baca juga: Gading Marten Mengaku Pernah Menyukai Dian Sastro, Masih Malu Kalau Ketemu

Baca juga: Besok (12/7/2021), Dishub Tanjabbar Bakal Gelar Vaksinasi Massal di Pelabuhan LLASDP Kuala Tungkal

Baca juga: Sapi Masuk Pekarangan Kantor Bupati, Warganet Ingatkan Pesan Al Haris Tentang Merangin

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved