Breaking News:

Sedang Musim Trek, Harga Getah Karet di Muaro Jambi Turun Jadi Rp 8.900 Per Kilogram

“Disini harganya sedang turun, harganya dari kisaran Rp 9.200 jadi berkisar Rp 8.900 perkilogram,” katanya kepada Tribunjambi.com, Kamis (8/7/2021).

Penulis: Vira Ramadhani | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
istimewa
Petani Karet yang sedang menyadap getah karet. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tak seperti harga sawit yang terus naik, harga karet di Jambi saat ini alami penurunan. Seperti di Kabupaten Muaro Jambi harganya berkisar Rp 8.900 perkilogram.

Rahmanto Wibowo petani karet dan juga pemilik kebun karet di Kabupaten Muaro Jambi, Kecamatan Sekernan mengatakan, saat ini harga getah karet di daerahnya mengalami penurunan.

“Disini harganya sedang turun, harganya dari kisaran Rp 9.200 jadi berkisar Rp 8.900 perkilogram,” katanya kepada Tribunjambi.com, Kamis (8/7/2021).

Dikatakannya, saat ini di daerahnya sedang trek. Selama musim trek berlangsung, tanaman karet secara bertahap terus menggugurkan daunnya.

“Kalau lagi trek gini hasil getah karet menjadi sedikit. Bisa turun sampai 50 persen dibanding produksi normal,” katanya.

“Daun dari pohon karet sudah mulai gugur ya mau gundul sepertinya. Nanti setelah itu akan tumbuh daun baru,” tambahnya.

Lanjutnya, jika musim trek itu daun pohon karet gugur nanti tumbuh daun baru, ada kembang dan berputik, nanti berbuah kira-kira buahnya sebesar jempol kaki baru bisa normal lagi getahnya.

“Harausnya kalau saat trek pohon diberi pupuk, dirawat. Namun ada juga petani yang dibiarkan saja sampai pulih sendiri,” pungkasnya.

Baca juga: Harga Getah Karet di Provinsi Jambi Turun, di Tebo Hanya Rp 12 Ribu Per Kilogram

Baca juga: Tingkah Jahil Arya Saloka di Lokasi Syuting Sampai Bikin Amanda Manopo Kebingungan

Baca juga: Promo KFC Hari Ini 8 Juli 2021 The Best Thursday Hingga Super Deal, Sama-sama Harga Hemat

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved