Breaking News:

Tips Kesehatan

Tips Singkat Pertolongan Pertama Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental oleh Psikolog

Tips singkat pertolongan pertama saat mental sedang tidak baik-baik saja, dan setiap orang memiliki cara masing-masing untuk mengatasi stres.

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI/ADE SETYAWATI
Elvin Rosalina, S.spi. M.Spi. Psikolog 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tips singkat pertolongan pertama saat mental sedang tidak baik-baik saja, dan setiap orang memiliki cara masing-masing untuk mengatasi stres.

Di zaman digitalisasi seperti sekarang ini, banyak cara mendapatkan informasi mengenai kesehatan mental dan bagaimana cara mengatasinya.

Dan bahkan tidak sedikit juga di sosial media seperti YouTube, Instagram, tiktok dan lain sebagainya, orang membuat konten mengampanyekan tentang kesehatan mental.

Menurut Elvin Rosalina, S.spi. M.Spi. Psikolog, ada beberapa lagkah yang dapat dilakukan untuk pertolongan pertama, yaitu :

• Kenali apa penyebab kesehatan mental terganggu, seperti faktor penyebabnya, yang membuat seseorang terganggu, hingga mengalami stress.
• Ambil jarak dengan dunia luar termasuk juga sosial media dan tenangkan diri sendiri, mulai kenali kondisi apa yang sedang terjadi.

"Ketika sudah tau apa penyebab stress, sehingga mengganggu kesehatan mental, hadapi situasi yang membuat tidak nyaman tersebut, jika ada beberapa faktor di runutkan dulu dan buat prioritas mana yang harus di hadaoi lebih dulu," jelasnya.

"Tidak bisa dihindari, kondisini ini memang harus benar-benar dihadapi," tambahnya.

Gangguan kesehatan mental sama seperi sakit fisik lainnya, hanya saja berbeda obat dan butuh penanganan khusus dari seorang yang profesional dibidangnya.

Setiap orang memiliki cara mengatasi stress nya masing-masing meskipun terkadang juga ada yang membutuhkan bantuan.

"Sakit badan ada obatnya dari luar kalau stress juga ada obatnya yaitu obatnya dari dalam, dan setiap orang memiliki cara mengatasi stress nya masing-masing, Jika merasa membutuhkan bantuan jangan malu untuk datang ke psikolog untuk meminta bantuan ," tutupnya.

Baca juga: Sejak Tahun 2020 Hingga 2021 Terlihat Peningkatan Gangguan Kesehatan Mental

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved