Breaking News:

Berita Tanjabtim

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, PT WKS Gandeng Warga Sekitar untuk Produksi Sekam dan Cocofed

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Tanjabtim, yakni memfasilitasi PT WKS dengan pihak BUMDes di tiga desa untuk bermitra dan bekerjasama dalam ran

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
ist
Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, PT WKS Gandeng Warga Sekitar untuk Produksi Sekam dan Cocofed 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Pemerintah Kabupaten Tanjabtim, terus berupaya tingkatkan ekonomi masyarakat, salah satu cara dengan melibatkan pihak ketiga.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Tanjabtim, yakni memfasilitasi PT WKS dengan pihak BUMDes di tiga desa untuk bermitra dan bekerjasama dalam rangka penyediaan Cocofed dan Sekam yang merupakan kebutuhan utama dalam proses pembibitan tanaman di PT WKS.

Adapun Tiga Desa tersebut, yakni Desa Rantau Karya, Kota Baru dan Suka Maju.

Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto, mengatakan, Cocofed itu bahan baku utamanya adalah sabut kelapa. Dimana untuk sabut kelapa sendiri ketersediaannya sangat banyak di Kabupaten Tanjabtim.

Sedangkan sekam padi seperti diketahui di Kabupaten Tanjabtim juga sangat berlimpah. Mengingat di beberapa wilayah di Tanjabtim merupakan penghasil padi.

"Sekm padi hanya terbuang begitu saja tanpa ada pengolahan, sehingga sekam tersebut tidak memiliki nilai ekonomis, bahkan hanya menjadi limbah," kata Bupati.

Diakuinya, selama ini PT WKS membeli cocofed dan sekam bakar tersebut di daerah Lampung dengan volume lebih kurang 160.000 m3 per bulan. Estimasi belanjanya kalau dihitung dengan harga cocofed dipasarkan bisa lebih Rp 200 juta per bulan.

"Alangkah baiknya jika untuk pemesanan cocofed dan sekam bakar itu sendiri dikelola oleh masyarakat lokal, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Tanjabtim," pungkasnya.

Baca juga: Perjanjian Keuangan Omesh dan Istrinya, Dian Ayu Beli Barang Pakai Uang Pribadi

Baca juga: Raffi Ahmad Siapkan Mental Bila Rafathar Tanya Sosok Ayu Ting Ting, Suami Nagita Beri Jawaban Ini

Baca juga: Kata Para Pedagang Kecil Saat PPKM Diberlakukan: Habis Sekali Saja Sudah Syukur

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved