Breaking News:

Sejak Tahun 2020 Hingga 2021 Terlihat Peningkatan Gangguan Kesehatan Mental

Berita Jambi-Tahun 2020/2021 kasus kesehatan mental meningkat signifikan, peningkatan terjadi sekitar 70 persen

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI/ADE SETYAWATI
Elvin Rosalina, S.spi. M.Spi. Psikolog 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tahun 2020/2021 kasus kesehatan mental meningkat signifikan, peningkatan terjadi sekitar 70 persen, tahun sebelumnya lebih banyak kasus industri dan organisasi pada 2020/2021 lebih banyak individual.

Situasi pandemi covid-19 telah berlangsung lebih dari satu tahun terakhir dan itu sangat berimbas di segala sektor, baik perekonomian, pendidikan dan sektor lainnya termasuk juga berimbas pada kesehatan mental masyarakat.

Banyak nya PHK di berbagai perusahaan, merumahkan karyawan, maupun sekitanya mendapatkan pekerjaan juga menjadi pemicu meningkatnya gangguan kesehatan mental.

Elvin Rosalina, S.spi. M.Spi. Psikolog menjelaskan dalam 2020/2021 gangguan kesehatan mental mengalami peningkatan sekitar 70 persen dari sebelumnya.

"Untuk masa pandemi, terutama dalam dua tahun terkahir 2020/2021, kasus yang masuk mengalami kenaikan sekitar 70 persen, dan permasalahan mental timbul ketika seseorang sulit mengatasi permasalahan dan itu yang membuat strees," jelasnya.

Untuk tahun-tahun sebelumnya permasalahan kesehatan mental lebih banyak mengenai kasus dari industri dan organisasi, berbeda dengan tahun 2020/2021 ini.

"Kasus kesehatan mental tahun sebelumnya lebih banyak dari industri dan organisasi sedangkan untuk 2020/2021 terkait konser individual," tutupnya.

Ia juga mengatakan semakin sulitnya kehidupan, semakin banyak nya tuntutan mulai dari tuntutan mau makan apa? biaya hidup, biaya sekolah, juga menjadi pemicu stress.

Baca juga: Apakah Anda Sedang Tidak Baik-baik Saja? Kasus Kesehatan Mental Meningkat 70 Persen Selama Pandemi

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved