Pelantikan Gubernur Jambi

Pesan Pj Gubernur Jambi pada Haris-Sani: Yang Baik Mohon Dilanjutkan

Berita Jambi-Gubernur dan wakil gubernur Jambi, terpilih pada Pilkada 2020 lalu, Al Haris dan Abdullah Sani akhirnya dilantik Presiden RI, Joko Widodo

Penulis: Mareza Sutan AJ | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI/CAPTURE SETPRES
Al Haris usai dilantik sebagai Gubernur Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Gubernur dan wakil gubernur Jambi, terpilih pada Pilkada 2020 lalu, Al Haris dan Abdullah Sani akhirnya dilantik Presiden RI, Joko Widodo pada Rabu (7/7/2021).

Prosesi pelantikan keduanya berlangsung di istana negara sekitar pukul 15.00 WIB. Dengan pelantikan tersebut, maka pasangan Haris-Sani sah menjadi kepala daerah definitif Provinsi Jambi, melanjutkan tugas yang sempat diemban penjabat (Pj) Gubernur Jambi, Hari Nur Cahya Murni.

Beberapa waktu lalu, pejabat di jajaran Kemendagri itu sempat menyampaikan harapannya pada kepada daerah yang akan melanjutkan tampuk kepemimpinan di Jambi.

"Saya manusia yang tidak luput dari salah, tapi saya mencoba semaksimal mungkin. Apa yang kami rintis bersama Sekda dan jajaran, kalau yang baik mohon dilanjutkan oleh pemimpin baru di Jambi ini. Tinggalkan yang jelek-jeleknya," demikian dia menyampaikan.

Ada beberapa hal yang dia sampaikan agar Jambi lebih baik ke depannya. Di antaranya, gubernur dan wakil gubernur Jambi nantinya harus bisa mencari peluang, mengeksplor, tidak hanya tergantung dari dana pemerintah pusat untuk membangun Provinsi Jambi. Hal itu penting, agar pertumbuhan ekonomi Jambi dapat lebih baik lagi ke depannya.

"Saya pernah menyampaikan, ada strategi untuk optimalisasi penggalian pendapatan daerah dari sumber-sumber yang sah," terangnya.

Di antaranya ekstensifikasi pajak, pemanfaatan aset seoptimal mungkin, baik dari sisi sewa, built-operate-transfer (BOT), kerja sama, dan pengoptimalan aset lainnya.

Selain itu, dia juga menekankan perbaikan pada Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang dinilainya belum optimal. Dia ambil contoh, RSUD Raden Mattaher, semi public goods ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah dan mengurangi beban APBD jika dioptimalkan.

Dia berharap kepala daerah yang memimpin ke depan dapat membawa Jambi lebih baik lagi.
(Tribunjambi.com/ Mareza Sutan A J)

Baca juga: FOTO Pelantikan Al Haris dan Abdullah Sani oleh Jokowi Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved