Breaking News:

Berita Tebo

Bahas Pemenuhan Hak Disabilitas, Wabup Tebo Audiensi Bersama Anggota DPRD Provinsi Jambi

Pada audiensi tersebut disampaikan bahwa telah diajukan sejumlah Ranperda di bidang penataan kearsipan dan pemenuhan hak disabilitas.

Tribunjambi/Hendro Sandi
Wakil Bupati Tebo Syahlan, menerima kunjungan rombongan anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Bungo-Tebo di Ruang Rapat Sekda, Selasa (06/07/2021). 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARATEBO - Wakil Bupati Tebo Syahlan, menerima kunjungan rombongan anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Bungo-Tebo yang diketuai Wakil Ketua (Waka) Supriyanto dan 13 orang lainnya di Ruang Rapat Sekda, Selasa (6/7/2021).

Pada audiensi tersebut disampaikan bahwa telah diajukan sejumlah Ranperda di bidang penataan kearsipan dan pemenuhan hak disabilitas.

Di bidang kearsipan sendiri berfokus pada penataan sejarah Jambi, dengan pengakuisisian arsip. Sebagai contoh Tebo menjadi lokasi Makam Pahlawan Nasional Sultan Thaha Saifuddin.

Pada kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten Tebo diminta untuk mengumpulkan informasi dan sumber dari partisipasi masyarakat, sehingga nantinya dapat berkontribusi terhadap penataan sejarah di Provinsi Jambi.

Untuk Ranperda pemenuhan hak disabilitas, akan difokuskan pada sektor pendidikan. Hal tersebut dikarenakan belum ada aturan resmi pemerintah provinsi untuk pemenuhan hak pendidikan bagi penyandang disabilitas.

Wabup Syahlan menyambut baik adanya Ranperda kearsipan dan hak disabilitas. Dia mengatakan Pemerintah Tebo sendiri telah menerbitkan Perda tentang arsip.

"Memang di Tebo untuk arsip sejarah belum ada. Namun untuk Perda tentang Kearsipan telah kita terbitkan. Semoga dengan ditetapkannya Perda Arsip di Provinsi Jambi dapat membantu dan menyempurnakan upaya penyusunan sejarah di Kabupaten Tebo," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk memenuhi hak disabilitas, Pemkab Tebo telah membuat sejumlah fasilitas infrastruktur untuk para disabel.

Pada kesempatan yang sama Kadis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tebo menyampaikan sejumlah Perbup Kearsipan. Diantaranya di tahun 2020 ada delapan Perbub dan di tahun 2021 ada dua Perbup.

Sementara Ketua Fraksi Partai PKS Supriyanto mengatakan, kedatangan rombongannya tersebut untuk meminta pendapat tentang Ranperda yang saat ini sedang dalam pembahasan.

"Sehingga Perda kita nanti menjadi lebih berkwalitas. Pembahasan ini nanti akan kita bahas lagi di provinsi untuk disempurnakan," katanya.

"Untuk kesetaraan Disabilitas, kita kedepan berharap mereka juga berkesempatan bekerja di semua lini. Seperti di pemerintahan 2 persen dan perusahaan bisa minimal 1 persen. Itu sebagai bentuk kepercayaan kita terhadap kaum disabilitas," pungkasnya.

Baca juga: Nikita Mirzani Tak Suka Dipanggil Nyai oleh Netizen, Lebih Suka Dipanggil Niki

Baca juga: Bupati Sukandar Minta Rencana APDESI Tebo Studi Tour ke Lombok di Pertimbangkan

Baca juga: Pemkot Jambi akan Lelang Asetnya Secara Daring, BPKAD Sarankan Lihat Dahulu Kondisi Fisik Barang

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved