Berita Sarolangun

Kisah Rombongan Jalan Kaki dari Sumut ke Jakarta, Togu Cs tiba di Sarolangun di Hari ke 23

Berita Sarolangun-Togu Simorangkir seorang aktivis bersama rekan-rekannya sudah berjalan kaki dari kabupaten Toba Sumatera Utara

Penulis: Rifani Halim | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI/RIFANI HALIM
Perjalanan dari Sumut ke Jakarta, Togu Simorangkir CS tiba di Sarolangun Jambi pada hari ke-23, Selasa (6/7/2021). 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Terik matahari di Kecamatan Bathin VIII, Sarolangun, Jambi sedang panas-panasnya.

Togu Simorangkir seorang aktivis bersama rekan-rekannya sudah berjalan kaki dari kabupaten Toba Sumatera Utara, dan mereka mengunakan sandal jepit ditemui di jalan lintas Sumatera Sarolangun.

Bukan tak mau mengunakan sepatu, Togu mengaku, sudah menghabiskan tiga sepatutnya alias rusak dalam perjalanan dari Sumut ke ibukota.

Dalam rombongan yang terdiri dari sebelas orang itu dari 14 Juni lalu, silih berganti berjalan kaki dari Sumut sambil diiringi dua mobil rombongan tersebut.

Baca juga: VIDEO Togu Cs Jalan Kaki dari Sumut ke Jakarta Kini Tiba di Sarolangun, Berharap Jumpa Jokowi

Dua mobil yang dibawa oleh Togu CS digunakan sebagai perlengkapan dan pakaian, dan digunakan untuk perjalanan untuk menginap di rumah rekan-rekan yang peduli atas aksinya tersebut.

Sambil berjalan kaki, dirinya juga selalu live di Facebook-nya agar masyarakat semua tau bahwa pihaknya memang benar-benar sedang melakukan perjalanan ke Jakarta dengan berjalan kaki.

Baca juga: Gigihnya Togu Simorangkir Cs Jalan Kaki dari Toba ke Jakarta Menuntut Penutupan PT TPL

Rombongan Togu CS melakukan perjalanan ke Jakarta untuk menemui presiden RI Jokowi. Hal itu karena bentrokan masyarakat adat di kecamatan Borbor di kabupaten Toba dengan PT Toba Pulp Lestari.

Protes atas keberadaan PT Toba Pulp Lestari yang telah merampas tanah adat dan merusak Lingkungan di kabupaten Toba, Sumut.

Toga menyebutkan, akibat bentrok yang terjadi tersebut banyak masyarakat yang terluka, hal itu juga berulang kali terjadi.

Baca juga: Serukan Tutup TPL, Togu Simorangkir, Anita Hutagalung, dan Irwandi Sirait Jalan Kaki ke Jakarta

Akibat kegeraman dan muak atas PT TPL yang telah 30 tahun berdiri lalu merusak tatan masyarakat adat maupun masyarakat umum, serta merusak lingkungan.

Selain itu, jalan kaki dari Sumut ke Jakarta adalah bentuk protes Togu CS, agar pemerintah melihat dan mendengar protes mereka dan melakukan penutupan PT TPL di kabupaten Toba.

Hal itulah yang menjadi latar belakang dirinya bersama rombongan melakukan aksi jalan kaki ke Jakarta.

"Kita akan terus berteriak melawan penjajah dari bangsa sendiri," kata Togu, saat ditemui di kediaman Jernang Mustofa saat beristirahat, Selasa (6/7/2021).

Togu Simorangkir mengaku, perjalanan menuju Jakarta bukan atas dari sponsor manapun, hal itu dikarenakan atas keinginan rombongan untuk memperjuangkan tanah Toba.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved