Breaking News:

Berita Tanjabtim

Di Tanjabtim Sudah Masuk Masa Tanam, Petani Khawatir Kemarau Ganggu Produktivitas Hasil Tanam

Kepala Dinas TPH Tanjabtim Sunarno, melalui kabid tanaman pangan Mahmud mengatakan, saat ini Kabupaten Tanjabtim sudah memasuki musim tanam baru.

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Rian Aidilfi Afriandi

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Kabupaten Tanjabtim saat ini telah memasuki masa tanam. Akan tetapi para petani waswas akan musim kemarau yang dapat mengganggu produktivitas hasil tanam.

Kepala Dinas TPH Tanjabtim Sunarno, melalui kabid tanaman pangan Mahmud mengatakan, saat ini Kabupaten Tanjabtim sudah memasuki musim tanam baru.

"Bahkan di kalangan beberapa petani desa pun sudah mulai melakukan penanaman sejak satu minggu belakangan," ujarnya, Senin (5/7/2021).

Lanjutnya, akan tetapi pada musim tanam kali ini, cuaca ekstrim seperti kemarau menjadi kekhawatiran dan pr besar bagi pemerintah daerah dalam membantu para petani.

Produktivitas padi dikhawatirkan akan turun karena ketersediaan air yang dipastikan akan jauh berkurang, terutama jika dalam rentang waktu satu minggu hujan tidak turun membasahi lahan, maka lahan akan kering dan padi dikhawatirkan akan mati.

"Guna membantu para petani lokal, Pemerintah Daerah tetap akan melakukan pengawasan sembari menjalankan program yang telah dicanangkan, yakni peningkatan indeks produksi (ip) 200 terhadap 1.000 hektare lahan tanam padi dengan memberikan bibit unggul kepada petani," jelasnya.

Disamping itu pengaliran irigasi air ke lahan pertanian juga akan terus dikoordinasikan kepada para petugas lapangan yang ada di desa.

Dijelaskannya, terkait dengan hasil produksi dapat diketahui pada bulan september mendatang, sementara sentra lahan tanam yang terluas berada di desa simpang datuk kecamatan nipah panjang.

"Dari hasil produksi nantinya dinas tph berharap capaian hasil produksi paling tidak bisa menyamai hasil panen di tahun 2020," pungkasnya.

Baca juga: Dampak Covid-19, Pertumbuhan Ekonomi di Muarojambi Membaik, Ini Sektor Pendukungnya

Baca juga: Jika Disetujui, DPRD Tebo Minta Dana PEN Dimanfaatkan Untuk Kepentingan Masyarakat

Baca juga: Cara Mendapatkan Diskon Tarif Listrik Juli-September 2021

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved