Breaking News:

Pj Gubernur Jambi Terima Kunjungan Peserta Muhibbah Budaya Jalur Rempah

Berita Jambi-Penjabat Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni menerima kunjungan rombongan peserta yang akan mewakili Provinsi Jambi

Penulis: Zulkipli | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI/ZULKIFLI AZIS
Pj Gubernur Terima Kunjungan Peserta Muhibbah Budaya Jalur Rempah 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Penjabat Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni menerima kunjungan rombongan peserta yang akan mewakili Provinsi Jambi dalam kegiatan Muhibbah Budaya Jalur Rempah, di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (3/7/2021).

Muhibah Budaya merupakan pelayaran menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewa Ruci dan kapal latih Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut yang digelar Kementrian Kementrian Pendidikan, kebudayaan, riset dan tekonologi. Kapal-kapal tersebut membawa pemuda pemudi pilihan dari 34 provinsi untuk napak tilas jalur rempah Nusantara.

Pelayaran ini akan menyusuri titik-titk Jalur Rempah Nusantara di antaranya terdapat 13 titik yang dipilih pada 2021.

Ke-13 titik rempah yang akan disusuri oleh pelayaran ini antara lain Banda Neira, Ternate, Makassar, Banjarmasin, Bintan, Medan, Lhouksemawe, Padang, Banten, Jakarta, Semarang, Beno, dan berakhir di Surabaya.

Provinsi Jambi akan mengirim 5 pemuda terbaiknya untuk mengikuti kegiatan yang dimulai pada 17 Austus 2021 ini.

Kelima pemuda tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh tim Juri yang ditunjuk oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi.

Pj Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni mengatakan moment atau kegiatan Muhinbah Jalur Rempah ini penting sekali. Menurut Pj Gubernur ada dua kata kunci dalam kegiatan tersebut. Tidak hanya memaknai perjalanan ini menyusuri laut dengan menggunakan kapal. Tapi ada kata kunci ke dua yakni Jalur Rempah.

"Kenapa Jambi mengikuti ini, saya kira karena jambi memiliki rempah-rempah yang luar biasa. Selain nanti kawan-kawan mencintai Jambi dengan apa yang telah diajarkan dewan juri, tapi juga mencintai karena rempah-rempahnya," kata Ibu Nunung.

Dia berharap, perwakilan Provinsi Jambi ini nantinya dapat memperkenalkan makanan-makana dan rempah-rempah hasil Bumi Jambi yang tidak ada di daerah lain. Seperti kopi Arabika Kerinci, Pinang Betara dan lain-lain. Supaya di luar tahu kalau Provinsi Jambi memiliki rempah-rempah yang sangat luar biasa.

"Saya berpesan kepada mereka (peserta) supaya menjaga marwah dan nama baik daerah Jambi. Jangan berbuat yang aneh-aneh, tapi menggelorakan Jambi di dunia luar," pungkasnya.

Baca juga: Pj Gubernur Jambi: Pemerintah Daerah Harus Bahu Membahu Dalam Penaganan Stunting

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved