Breaking News:

Angka Pengangguran di Jambi

Sekitar 120 Ribu Warga Jambi Nganggur Disnakertrans Sebut Cukup Terbantu Kartu Prakerja

Berita Jambi-Dari data Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jambi sedikitnya ada 120 ribu warga yang tak memiliki pekerjaan. Namun, ini sedikit terbantu

Penulis: Zulkipli | Editor: Nani Rachmaini

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Angka pengangguran di Provinsi Jambi masih cukup tinggi.

Dari data Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jambi sedikitnya ada 120 ribu warga yang tak memiliki pekerjaan. Namun, ini sedikit terbantu dengan program kartu prakerja.

Kepala Bidang Wasnaker dan Hubungan Industrial Disnakertrans Provinsi Jambi Dedy Ardiansyah mengatakan, dengan program kartu prakerja ini, masyarakat yang tak memiliki pekerjaan menjadi terbantu, sedikitnya ada 87 pengangguran yang menerima kartu prakerja tersebut.

“Artinya kartu prakerja ini bisa membantu masyarakat yang tak memiliki pekerjaan. Karena ini bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran,” kata dia, Kamis (1/7/2021).

Lanjutnya, apalagi situasi di tengah pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat kehilangan pekerjaan, kemudian ditambah dengan lulusan SMA sederajat bahkan lulusan sarjana yang belum memiliki pekerjaan, kini mereka menyandang status pengangguran. Ini menjadi persoalan yang harus diselesaikan.

“Jadi dengan kartu prakerja ini mereka diberikan bimbingan dan pelatihan secara online, kemudian juga diberikan insentif atau subsidi per bulan, selama empat bulan,” tambahnya.

Kata Dedi, seharusnya dengan ini masyarakat yang mengikuti prakerja ini bisa mengembangkan untuk membuat usaha sendiri, sehingga mereka tak lagi menyandang sebagai pengangguran.

“Kalau data terakhir yang masuk ke kita memang sangat terbantu, tapi apakah ini efektif atau tidak dan mereka bisa langsung mendapatkan pekerjaan atau tidak ini yang belum kita tahu,” sebutnya.

Disnakertrans Provinsi Jambi sendiri tak bisa langsung memonitor secara lansung, pasalnya untuk pra kerja ini sendiri merupakan program dari pusat langsung. “Provinsi tak punya kewenanangan soal ini, semuanya ada di pusat,” ungkapnya.

Namun dirinya tak bisa menyebutkan berapa rincian setiap kabupaten kota yang menerima kartu prakerja tersebut. Dengan ini, sedikitnya ada sekitar 33 ribu orang yang belum mendapatkan bantuan prakerja dan belum memiliki pekerjaan.

Untuk mensiasati hal ini, Disnakertrans Provinsi Jambi menjalin kerjasama dengan smeua perusahaan yang ada di Jambi dengan menggunakan Sistim Aplikasi Bursa Kerja Online atau aplikasi Sibakol.

“Di sini ada program magang, kemudian setiap perusahaan ini membuka lowonga pekerjaan semua ada di sini dan bisa di akses,” pungkasnya.

Baca juga: CATAT Nilai SKD CPNS 2019 tak Bisa Digunakan Di CPNS 2021, Peserta Harus Memulai dari Awal

Baca juga: Lowongan Kerja Jambi di RS Islam Arafah untuk Lulusan SMA/SMK

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved