Breaking News:

UMKM Jambi

Di Tangan Helen Roro Nasi Tumpeng Disajikan dengan Lauk-pauk Khas Jambi

Berita Jambi-Tumpeng identik dengan sajian nasi kuning yang dibentuk menyerupai gunung dan berhiaskan berbagai macam lauk pauk seperti urap, dll

Penulis: M Yon Rinaldi | Editor: Nani Rachmaini
(Tribunjambi.com / M Yon Rinaldi ).
Helen Roro Quinn dan Tumpeng Buatannya. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Tumpeng identik dengan sajian nasi kuning yang dibentuk menyerupai gunung dan berhiaskan berbagai macam lauk pauk seperti urap, orek tempe, ayam sampai sambel hati.

Lauk pauk yang tersaji menemani senampan tumpeng biasanya didominasi berbagai kuliner dengan ciri khas jawa.

Di tangan Helen Roro Quinn nasi tumpeng dibuatnya dengan berbagai macam jenis lauk-pauk khas Jambi.

Tepek, brengkes, acar timun sampai sambel macang terlihat menemani senapan tumpeng buatanya. Ciri khas Jambi makin kentara dengan hadirnya ornamen boneka perempuan yang memakai pakaian khas Jambi lengkap dengan teng kuluknya.

Selain itu nasi tumpeng Helen tidak berwarna kuning tapi berwarna merah. Sehingga terlihat lebih artistik dan enak untuk di lihat.

Sama seperti tumpeng kebanyakan yang menggunakan ornamen dari buah dan sayur yang bisa dimakan, tumpeng buatan Helen juga menggunakan konsep yang sama.

Untuk mangkuk atau wadah sambel macangnya dia menggunakan wadah dari kelapa yang tidak terlalu tua sehingga tempatnya bisa dimakan. Begitupun dengan tepat acar timun khas jambi yang menggunakan kacang, tempatnya juga dari kelapa yang dibentuk sehingga terlihat sangat artistik.

Helen Roro Quin mengatakan hadirnya tumpeng dengan berbagai masakan khas Jambi ini sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih kepada negeri Jambi.

“Sebagi orang perantauan dari Jawa, ini sebagai rasa syukur saya dan juga rasa cinta saya terhadap Jambi,” Ujarnya Kamis ( 1/7/2021).

“Selain itu, sebagai rasa syukur karena banyak dibantu oleh teman-teman yang ada di Jambi termasuk dari dinas perindustrian melalui ibu Ida Mariyanti, selaku penyuluh,” tambahnya

Ida Mariyanti, Pejabat Fungsional Perindustrian dan Perdagangan , Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi mengatakan tugas dari penyuluh perindustrian selain melakukan pembinaan juga mempromosikan UMIK dan IKM yang ada di Provinsi Jambi.

“ Seperti hari ini kita sedang memperkenalkan produk nasi tumpeng khas Jambi dari salah satu pelaku UMKM yang ada di Jambi,” katanya.

Nasi tumpeng buatan helen tidaklah terlalu mahal, mulai dari harga Rp 100 ribuan untuk ukuran kecil.

Bahkan helen pernah membuat nasi tumpeng seharga Rp 2 juta untuk 100 porsi dengan ukuran 2 meter kali 75 cm. ( Tribunjambi.com / M Yon Rinaldi ).

Baca juga: Kopma UIN STS Jambi Launching Produk dan Bantu Perekonomian Pelaku UMKM

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved