Breaking News:

Mobil Ambulans Dicegat Petugas Akibat Mobil Pejabat Mau Lewat, Videonya Viral

Sebuah mobil ambulans Puskesmas Cilincing yang membawa pasien dihentikan petugas Dinashub Jakarta Utara saat rangkaian mobil pejabat lewat.

Tribunnews.com/Gita Irawan
Ilustrasi mobil ambulans 

TRIBUNJAMBI.COM - Sebuah mobil ambulans Puskesmas Cilincing yang membawa pasien dihentikan petugas Dinas Perhubungan Jakarta Utara saat rangkaian mobil yang diduga milik pejabat lewat.

Video berdurasi 14 detik yang memperlihatkan petugas dishub menghentikan ambulans pun viral setelah diunggah di Instagram.

Peristiwa itu terjadi di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Rabu (23/6/2021).

Dalam video terlihat, ambulans milik Puskesmas Cilincing itu dihentikan oleh petugas Dinas Perhubungan yang memilih lebih mendahulukan rangkaian mobil berwarna hitam yang diduga merupakan pejabat.

Kepala Suku Dinas Perhubungan (Kasudinhub) Jakarta Utara, Harlem Simanjuntak mengatakan petugas Dishub yang terlihat dalam video itu sudah ada sebelum ambulans melintas.

"Petugas yang jaga di lokasi sebelum ambulance lewat sudah melakukan pengaturan lalin sesuai tupoksinya dan penutupan (bukan saat ambulans di lokasi dilakukan penutupan)," ujar Harlem saat dikonfirmasi, Jumat (25/6/2021).

Harlem mengaku, ambulans dan mobil pemadam kebakaran memang menjadi prioritas. Hal itu juga yang sudah dipahami oleh anggotanya saat bertugas di jalan.

Namun Harlem beralasan, penghentian ambulans yang dilakukan oleh petugas Dishub itu karena rangkaian mobil pejabat yang melintas tak dapat dihentikan secara mendadak.

"Kerena kendaraan di belakang yang ikut rangkaian mobil pasti mengikuti kecepatan kendaraan di depannya. Sehingga perlu ada pengaturan di lokasi agar tidak terjadi tabrakan," kata Harlem.

Menurut Harlem, bersamaan petugas Dishub memperlambat kendaraan yang ikut di belakang rangkaian mobil pejabat, melintas ambulans di lokasi.

"Sehingga di saat itulah ambulans berhenti sesaat sambil petugas menahan rangkaian yang masih tersisa," ujar Harlem.

"Bukan memprioritaskan rangkaian tapi tetap memprioritaskan ambulans namun karena saat itu ada rangkaian sebelum ambulans di TKP, maka perlu ada pengaturan agar semua selamat dan aman," sambung Harlem.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved