Breaking News:

Ini Dia Tips Postur Berkendara yang Aman dan Nyaman dari Honda Sinsen

Berkendara merupakan aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh kebanyakan orang, hampir setiap hari mereka melakukan aktivitas berkendara

Editor: Nani Rachmaini
ist
Ini Dia Tips Postur Berkendara yang Aman dan Nyaman dari Honda Sinsen 

JAMBI - Berkendara merupakan aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh kebanyakan orang, hampir setiap hari mereka melakukan aktivitas berkendara untuk bepergian dari suatu tempat ke tempat tertentu. Berkendara bisa sangat menyenangkan jika mengetahui posisi postur tubuh yang benar saat berkendara.

Menurut Instruktur Safety Riding Honda PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Rudi Septiyadi, ada 7 posisi anggota tubuh yang tepat sekaligus berfungsi menjaga keseimbangan dan kenyamanan saat mengendarai sepeda motor. Apa saja?

"7 postur berkendara yaitu pandangan mata, pundak, siku, tangan, pinggul, lutut dan kaki," ujar Rudi.

Pandangan mata harus jauh agar jarak pandang lebih luas. Pandangan juga berlaku sebagai penangkap informasi yang ada di jalan,sehingga memudahkan dalam mengantisipasi jika ada objek lain yang mengganggu.

Selanjutnya adalah posisi pundak, posisi pundak harus santai dan rileks, pundak yang rileks membuat pengendaranya tidak cepat lelah.

Posisi siku. Disarankan agar posisi siku pengendara ditekuk sedikit "Fungsinya ditekuk ini adalah sebagai penahan guncangan ketika melewati kondisi jalan yang berlubang atau bergelombang, posisi siku ditekuk juga memudahkan seorang pengendara untuk berbelok ataupun bermanuver", jelas Rudi.

Kemudian posisi tangan. Disarankan jari tangan menggenggam bagian grip kemudi. "posisikan semua jari-jari tangan di grip untuk lebih memudahkan melakukan pengeraman, karena pengereman yang benar adalah dengan cara menutup putaran gas terlebih dahulu, baru menekan tuas rem, jika posisi jari ada yang standbye di tuas rem, maka akan sulit untuk menutup putaran gas sehingga dapat berpotensi mengerem sambal menarik gas yang bisa berbahaya" terang Rudi.

Posisi pinggul. Disarankan duduk dengan posisi yang nyaman, tidak terlalu ke depan dan juga terlalu kebelakang jok.

Posisi lutut sebaiknya sejajar dengan sayap depan untuk motor matic atau menjepit tangki bensin untuk motor sport. Posisi ini sekaligus bisa memudahkan pengendalian saat berbelok.

Terakhir adalah posisi kaki. Letakkan bagian tengah telapak kaki pada sandaran kaki dengan bagian jari kaki tetap menghadap ke depan. Untuk motor sport dan bebek, posisikan ibu jari kaki kanan secara ringan di atas pedal rem, dan ibu jari kaki kiri di atas pedal persneling. Posisi ini bertujuan agar kaki tetap aman dan dalam kondisi siaga.

“Inilah penjelasan singkat untuk para pengemudi sepeda motor agar nyaman berkendara. Semoga bermanfaat dan selalu #Cari_Aman saat naik motor ya!” tutup Rudi.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved