Breaking News:

Berita Muarojambi

Empat Kecamatan di Muarojambi Diidentifikasi Sebagai Wilayah Akselerasi Perkembangan Relatif Cepat

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Muarojambi Yultasmi, kegiatan ini merupakan tindaklanjut atas amanat PP Nomor 21 Tahun 2021

Penulis: Hasbi Sabirin | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
tribunjambi/hasbi sabirin
Empat Kecamatan di Muarojambi Diidentifikasi Sebagai Wilayah Akselerasi Perkembangan Relatif Cepat 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Dinas PUPR Muarojambi laksanakan Konsultasi Publik Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) perkotaan wilayah Kecamatan Jaluko tahap pertama pada tahun 2021.

Dalam konsultasi itu dihadiri berbagai stakeholder perwakilan dari OPD Bappeda, Dishub, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, DLH, Perkim, DPMTSP, serta perwakilan Camat Kecamatan Jaluko serta lurah dan kepala desanya.

Konsultasi publik RDTR ini tujuannya adalah penyusunan rencana detail tata ruang perkotaan daerah Jambi Luar Kota, Kabupaten Muarojambi.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Muarojambi Yultasmi, kegiatan ini merupakan tindaklanjut atas amanat PP Nomor 21 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan Tata Ruang, ditindaklanjuti oleh Dinas PUPR Kabupaten Muarojambi.

Penyelenggaraan penataan ruang itu meliputi rangkaian yang dimulai dari tahap perencanaan, pemanfaatan, hingga pengendalian.

"Pada tahap perencanaan, kita telah menetapkan Peraturan Daerah Nomor 02 Tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Muarojambi Tahun 2014-2034, yang saat ini tengah dalam proses revisi,"kata Yultasmi Senin (21/6/2021).

Ia juga mengatakan, pada dasarnya rencana tata ruang disusun dengan perspektif menuju keadaan yang diharapkan pada masa depan, berdasarkan dari data, informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dipakai, serta memperhatikan keragaman wawasan kegiatan tiap sektor perencanaan.

Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) sendiri adalah bentuk rencana rinci atau rencana turunan dari Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten dengan ketelitian peta 1:5.000.

"Ada beberapa kawasan perkotaan di Kabupaten Muarojambi yang kami identifikasi akan memiliki akselerasi perkembangan relatif lebih cepat seperti Jaluko, Sengeti, Mestong, Sungai Gelam dan pusat-pusat kecamatan lainnya,"ungkapnya.

Dalam penyusunan Rencana Tata Ruang, wajib didahului oleh konsultasi publik yang bertujuan menampung aspirasi dan masukan dari segenap stakeholder.

Baca juga: Rekrutmen CPNS dan PPPK 2021 Dibuka Akhir Juni

Baca juga: Bupati Tebo Perintahkan OPD Tindaklanjuti Banyaknya Catatan Dewan Saat Paripurna

Baca juga: Kisi-kisi Materi Tes CPNS 2021 TIU Bahasa Indonesia , Mengenal Kalimat Logis dan Tidak Logis

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved