Breaking News:

Harga CPO, Inti Sawit dan TBS Kelapa Sawit di Jambi Turun Signifikan

Harga Crude Pal Oil (CPO), Inti Sawit dan Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Jambi terus menurun sejak tiga periode lalu.

Penulis: Vira Ramadhani | Editor: Rahimin
tribunjambi/vira ramadhani
Harga Crude Pal Oil (CPO), Inti Sawit dan tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Jambi terus menurun sejak tiga periode lalu. 

Harga CPO, Inti Sawit dan TBS Kelapa Sawit di Jambi Turun Signifikan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Harga Crude Pal Oil (CPO), Inti Sawit dan tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Jambi terus menurun sejak tiga periode lalu.

Untuk harga CPO di Jambi mengalami penurunan yang signifikan sebesar Rp 1.280,97 dari Rp 10.262,27 perkilogram menjadi Rp 8.981,30 perkilogram.

Penurunan harga juga dialami  inti sawit dan Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit.

Penetapan harga CPO, TBS, dan inti sawit merupakan kesepakatan tim perumus dalam satu rapat dihadiri para pengusaha, koperasi, dan kelompok tani sawit setempat dan berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian dan peraturan gubernur.

Dinas Perkebunan Provinsi Jambi telah menyepakati untuk periode 18 Juni sampai 24 Juni 2021 harga TBS Kelapa Sawit umur 10 – 20 tahun yaitu Rp 2.120,po perkilogram.

Kepala Bidang Standarisasi harga dan Pemasaran hasil Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Jambi Putri Rainun dalam keterangan tertulis menyampaikan, terjadi penurunan siginifkan pada CPO,  inti sawit dan TBS kelapa sawit.

“Untuk harga rata-rata Inti Sawit saat ini Rp 6.333,27 dengan harga sebelumnya Rp 6.537,76 perkilogram. Lalu  Indeks "k" saat ini 92,23 %, “ jelasnya.

“Lalu, Harga TBS umur 10-20 tahun sebesar Rp 2.120,08 perkilogram. Terjadi penurunan harga sebesar Rp 268,16 perkilogram,” tambahnya.

Harga CPO, inti sawit, dan TBS sawit beberapa periode terakhir ini terus mengalami pemurunan berdasarkan hasil keputusan dari kesepakatan tim perumus harga CPO di Jambi bersama para petani, perusahaan perkebunan sawit, serta pihak terkait.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved