Breaking News:

Berita Batanghari

Bantu Petani di Batanghari, Pemerintah Telah Salurkan 101,5 Ton Benih Padi 

Musim tanam padi yang dimulai April-September 2021 ini jumlah areal sawah yang bisa ditanam padi seluas 8.707

Penulis: A Musawira | Editor: Rahimin
istimewa
Persawahan di Kecamatan Maro Sebo Ilir, Desa Terusan. Bantu Petani di Batanghari, Pemerintah Telah Salurkan 101,5 Ton Benih Padi  

Bantu Petani di Batanghari, Pemerintah Telah Salurkan 101,5 Ton Benih Padi 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN -  Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Batanghari menargetkan musim tanam padi yang dimulai April-September 2021 ini jumlah areal sawah yang bisa ditanam padi seluas 8.707 hektare.

Target luasan tambah tanam padi itu juga diikuti penyaluran 101,5 ton benih padi untuk kelompok tani di Kabupaten Batanghari dan distribusikan hampir semua kecamatan.

Hal ini disampaikan Isnen Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Batanghari, Minggu (20/6/2021).

“Bantuan benih padi itu difasilitas oleh pemerintah baik bersumber dari APBD dan APBN. Total yang kita salurkan ada 101,5 ton untuk kelompok tani. Sudah dilaksanakan pada April lalu,” ujarnya.

Setiap kelompok tani bisa mengajukan luasan lahan tanam padi melalui rencana definitif dalam kelompok (RDDK) yang disetujui oleh petugas penyuluh pertanian atau koordinator pertanian, kemudian diverifikasi oleh pemerintah pusat.

“Jika bantuan itu dari APBD kita yang verifikasi semua. Jumlah benih yang diterima sesuai dengan luas lahan yang diajukan dan ketersediaan benih juga,” katanya.

Sejauh ini, kelompok tani masih berpeluang mendapatkan bantuan benih padi melalui bantuan tanam dua kali dalam setahun atau IP 200.

“Kelompok tani yang ingin melaksanakan IP 200 silahkan diajukan, masih berpeluang dari dana Peningkatan Ekonomi Nasional (PEN) dampak dari Covid-19 ini ada bantuan benih,” ujarnya.

"Kita berharap dari penyaluran ini terjadi peningkatan luas tanam dan produksi, karena tujuan pemerintah itu, untuk membantu kelompok tani dalam rangka peningkatan produksi dan luas tambah tanam padi," pungkasnya.(tribun jambi/musa wira)

9 PNS Pemkab Batanghari Ikut Pilkades, Tujuh Cakades Sudah Disetujui Bupati

Periode April-September 2021 Target Tanam Padi di Batanghari Seluas 8.707 Hektare

Harga CPO, Inti Sawit dan TBS Kelapa Sawit di Jambi Turun Signifikan

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved