Disdukcapil Kota Jambi Imbau Masyarakat Urus Akta Kematian, Ini Manfaatnya

Kemudian Kartu Keluarga asli perlu dipersiapkan, membuat surat keterangan kematian dari rumah sakit, mengisi formulir A5 dari kelurahan, serta mengisi

Tribunjambi/Monang
Kepala Disdukcapil Kota Jambi, Nirwan 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Disdukcapil Kota Jambi mengimbau bagi masyarakat Kota Jambi yang memiliki keluarga yang telah meninggal dunia, agar segera membuat akta kematian.

Pembuatan akta kematian sangatlah penting untuk dilakukan. Terutama ini akan bermanfaat oleh para waris untuk keluarganya yang meninggal dunia, kemudian berguna juga untuk pengurusan dana pensiun, hingga klaim asuransi.

Sedangkan bagi pemerintah, akta kematian itu penting sebagai data statistik dan untuk memantau penyebab kematian, angka harapan hidup, serta penetapan kebijakan pembangunan lainnya.

"Saat ini kami sudah menerbitkan 1.307 dokumen akta kematian. Untuk angka kematian di Kota Jambi sendiri ada 741 kematian. Ini perolehan data mulai 1 Januari-17 Juni 2021," ungkap Kepala Disdukcapil Kota Jambi, Nirwan belum lama ini.

Dirinya pun menjelaskan mengapa angka kematian di 2021 lebih sedikit dibandingkan angka penerbitan akta kematian.

"Ya ini karena sebagian ada yang telah meninggal pada 2020 lalu dan baru mengurusnya di 2021. Itu makanya angka penerbitan akta kematian lebih banyak jumlahnya ketimbang jumlah kematian pada 2021," jelasnya.

Adapun syarat pembuatan akta kematian sendiri yakni, pihak keluarga/ahli waris harus melampirkan KTP asli yang bersangkutan.

Kemudian Kartu Keluarga asli perlu dipersiapkan, membuat surat keterangan kematian dari rumah sakit, mengisi formulir A5 dari kelurahan, serta mengisi formulir yang disediakan Disdukcapil sendiri.

"Kami mengimbau agar masyarakat Kota Jambi yang memiliki keluarga yang telah meninggal dunia agar segera membuat akta kematian. Hal tersebut juga dapat berguna untuk membersihkan data kependudukan," tutupnya.

Baca juga: Oknum TNI AL Terancam Dipercat Gara-gara Menganiaya Warga di Purwakarta, Diduga Gelapkan Mobil

Baca juga: Siapa Sosok Wanita Berinisial W yang Minta Tanggung Jawab Rezky Aditya hingga Tantang Tes DNA

Baca juga: Heboh Ketua DPRD Tolikara Disebut Ikut Danai KKB Papua, Sonny Wanimbo: Kenal Saja Saya Tidak!

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved