Breaking News:

Disdukcapil Kota Jambi Fasilitasi Transgender Dapatkan KTP

"Jadi jika ingin mengubah jenis kelamin dari laki-laki ke perempuan atau pun sebaliknya, harus ada surat dari dokter, atau rumah sakit yang menyatakan

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Monang
Aktivitas di Disdukcapil Kota Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Disdukcapil Kota Jambi siap memfasilitasi kaum transgender untuk mendapatkan kartu tanda penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) sesuai dengan surat edaran Mendagri dan aturan lain yang berlaku.

Kasi Perubahan Status Anak, Kewarganegaraan, dan Kematian Disdukcapil Kota Jambi, Olvi Oktina mengatakan, para warga transgender yang akan difasilitasi dalam pengurusan dokumen pribadi merupakan mereka yang telah mengubah jati dirinya sesuai yang telah ditetapkan.

"Kami siap melayani dan memfasilitasi itu. Namun sampai saat ini belum ada warga Kota Jambi yang mengajukan pembuatan dokumen itu," katanya Kamis (17/6/2021).

Ia menjelaskan dalam data kependudukan, tidak ada jenis kelamin waria. Yang ada hanya laki-laki dan perempuan.

"Jadi jika ingin mengubah jenis kelamin dari laki-laki ke perempuan atau pun sebaliknya, harus ada surat dari dokter, atau rumah sakit yang menyatakan bahwa orang itu sudah ganti alat kelamin," katanya.

Olvi mengatakan, Disdukcapil hanya bisa mengubah KTP dan KK. Sedangkan untuk akta kelahiran harus melalui proses sidang pengadilan.

"Kepemilikan KTP merupakan hak setiap warga negara, urusan hak asasi manusia. Kami pun hanya mencatat saja sesuai aturan yang berlaku," jelasnya.

Baca juga: Bakal Cakades dari Maro Sebo Ulu Ceritakan Soal Sulitnya Penuhi Syarat Administrasi Ini

Baca juga: Hercai Season 3 Tayang 19 Juni 2021: Miran dan Reyyan Berhasil Membuat Fusun Ditangkap Polisi

Baca juga: Deretan Proyek Anies Baswedan yang Dibongkar Padahal Belum Lama Dibangun, Habiskan Dana Miliaran

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved