Breaking News:

Poster Penyambutan Mahasiswa Baru di UI Dicibir Netizen, 'ni gajak ke kampus apa ke akhirat'

Poster penyambutan mahasiswa baru jalur SBMPTN 2021 Universitas Indonesia ( UI) mengundang komentar ramai netizen. Poster itu menampilkan sejumlah ma

Editor: Suci Rahayu PK
Dok. Universitas Indonesia
Poster resmi penyambutan mahasiswa baru jalur SBMPTN 2021 dari Universitas Indonesia menjadi topik pembicaraan di jagat maya hari ini, Selasa (15/6/2021), setelah diunggah kemarin sore 

TRIBUNJAMBI.COM - Poster penyambutan mahasiswa baru jalur SBMPTN 2021 Universitas Indonesia ( UI) mengundang komentar ramai netizen.

Poster itu menampilkan sejumlah mahasiswa berjaket kuning dengan latar awan-gemawan dan langit biru yang cerah, yang dianggap warganet mirip poster sinetron bahkan ilustrasi kabar duka.

Kepala Kantor Humas dan Keterbukaan Informasi Publik Universitas Indonesia, Amelita Lusia, membenarkan poster penyambutan mahasiswa baru jalur SBMPTN 2021 yang viral di media sosial karena desainnya yang tak lazim, adalah strategi komunikasi.

"Selama ini, postingan di medsosnya UI memang sudah ada pakemnya, sudah ada template, style-nya, kemudian style-nya bagi sebagian orang terlalu mainstream. Nah, ketika keluar (dari pakem) seperti ini, jadi ramai," ungkap Amelita kepada Kompas.com, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: Daftar Formasi CPNS 2021 di BNN, Kementerian PUPR, Kemenlu

Baca juga: Tempati Pole Position di CEV Barcelona, Mario Jalani Balapan dengan Gigih

"Justru, untuk hal yang dianggap bagi sebagian orang tidak serius, kami melakukannya dengan serius, dengan riset," lanjutnya.

Amelita menambahkan, diunggahnya poster ini telah melalui serangkaian riset, masukan, dan rapat di internal tim humas UI, sebelum akhirnya disepakati untuk diunggah menjadi konten resmi dan menyingkirkan ide-ide desain lainnya.

Ada sederet pertimbangan dalam meluncurkan poster dengan desain seperti ini, yang disebut Amelita baru pertama kali dilakukan oleh UI.

Target audience notabene mahasiswa-mahasiswi generasi Z yang terbiasa dengan kultur internet, salah satunya meme.

"Supaya lebih berkesan bagi mereka, penyambutannya meriah. Jadi memang, apakah direncanakan, iya, memang direncanakan lewat riset. Ini bisa dibedah lebih jauh memang, dari segi komunikasi humas barangkali seperti ini, dari marketing seperti ini," tutur Amelita.

"Ini out of the box, walaupun bagi sebagian orang mengagetkan. Kita mengetes juga, ternyata orang memperhatikan UI. Itu semua di tim kami memang sudah rapat. Mahasiswa sekarang memang berbeda cara mereka mengonsumsi konten," jelas dia.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved