Breaking News:

Berita Internasional

NASIB 10 Juta Rakyat Korut Diambang Kematian? Jadi Negara Tertutup Sedunia, Kim Jong Un Disorot

Bencana alam hingga pandemi Covid-19 pun jadi menambah buruk keadaan rakyat di Korea Utara saat ini.

Editor: Andreas Eko Prasetyo
KCNA via REUTERS
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi latihan artileri jarak jauh di lokasi yang tak diketahui, dalam rilis foto dari kantor berita KCNA pada 2 Maret 2020. 

TRIBUNJAMBI.COM - Korea Utara dengan pemimpinnya, Kim Jong Un kini jadi sorotan dunia kembali, karena nasib 10 juta rakyatnya yang terancam nyawanya.

Seperti yang disampaikan sebuah organisasi non-pemerintah internasional baru-baru ini, turut mengungkapkan laporannya terhadap krisis kemanusiaan.

Korea Utara bahkan disebut-sebut sedang menghadapi krisis kemanusiaan yang sangat serius.

Bencana alam hingga pandemi Covid-19 pun jadi menambah buruk keadaan rakyat di Korea Utara saat ini.

Kim Jong Un
Kim Jong Un (ist)

Bahkan berdasarakan sebuah laporan Inform Severity Index terbaru yang disusun oleh Assessment Capacities Project (ACAPS) yang berbasis di Swiss, Korea Utara saat ini telah menghadapi krisis kemanusiaan di level "tinggi".

"Situasi kemanusiaan di Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) didorong oleh faktor politik dan ekonomi serta bencana alam," ujar laporan tersebut, seperti dilansir Yonhap.

Bahkan tak cuma di situ saja, bencana alam berupa badai serta banjir bandang bulan Agustus tahun lalu juga semakin menambah buruk keadaan di negara tertutup tersebut.

Oleh karena berbagai bencana yang melanda ini sampai membuat Korea Utara memasuki kerawanan pangan yang bahkan sudah terjadi beberapa tahun ini sebelum dilanda bencana.

Kejadian itu praktis sampai membuat Korea Utara memasuki kerawanan pangan yang masih belum teratasi dengan baik hingga saat ini.

ACAPS juga mencatat, keterbatasan akses menuju layanan dasar, seperti kesehatan dan air bersih, telah menyebabkan lebih dari 10 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved