Breaking News:

Jalan Rusak

Butuh Rp1 Triliun untuk Perbaikan, Ratusan Kilometer Jalan di Bungo Rusak

Ratusan ruas jalan yang ditangani oleh Pemerintah Kabupaten Bungo rusak. Kerusakan tersebut sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu.

Penulis: Muzakkir | Editor: Fifi Suryani
tribunjambi/darwin sijabat
Jalan penghubung Dusun Pulau Batu, Lubuk Tenam dan Dusun Aur Gading dalam Kecamatan Jujuhan Ilir tanpaknya mulai diperbaiki. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Ratusan ruas jalan yang ditangani oleh Pemerintah Kabupaten Bungo rusak. Kerusakan tersebut sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu.

Kerusakan tersebut dibagi beberapa kategori. Ada rusak sedang, rusak ringan, dan rusak berat.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bungo melalui Kabid Bina Marga Hasbi Assidiqy menyebut jika kerusakan yang terjadi tersebut sudah dipetakan, tinggal penanganan lebih lanjut.

"Semua sudah dipetakan. Ada rusak sedang, ringan dan rusak berat," kata Hasbi, Senin (7/6).

Sesuai dengan data yang ada, dari 802,19 KM, sepanjang 179,010 KM mengalami rusak sedang. Kemudian rusak ringan 183,120 Km, dan 0,400 Km rusak berat. Sementara jalan dengan kondisi baik sepanjang 449,661 Km.

Jika dipersentasekan, jalan dengan kondisi baik itu 54,81 persen, kemudian jalan degan kondisi rusak sedang 22,32 persen, kondisi rusak ringan 22,83 persen dan rusak berat 0,05 persen.

"Yang rusak berat itu jalan yang tidak bisa dilalui. Seperti jalan trans Sungai Telang menuju Dusun Leban," katanya lagi.

Terkait jalan rusak itu, pemerintah akan terus melakukan perbaikan, namun demikian perbaikan tidak bisa dilakukan dengan cara sekaligus, melainkan bertahap. Untuk tahun ini, ada beberapa KM yang dilakukan penanganan.

"Kalau perbaikan total, itu akan menghabiskan dana lebih dari Rp1 triliun, kita tidak punya dana sebanyak itu," imbuhnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved