Breaking News:

Berita Kota Jambi

Pemprov Jambi Masih Defisit Rp169 Miliar Untuk Refocusing Anggaran

Saat ini Pemprov Jambi masih melakukan rasionalisasi anggaran di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk anggaran refocusing

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Saat ini Pemprov Jambi masih melakukan rasionalisasi anggaran di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk anggaran refocusing. Pasalnya, Pemprov Jambi akan mencoba menutupi kebutuhan defisit anggaran sebesar Rp169 miliar.

“Defisit ini lah nantinya yang akan kita rasionalisasi di setiap OPD yang ada, anggaran apa saja yang akan dipangkas untuk menutupi ini,” kata Kabid Keuangan Bakeuda Provinsi Jambi, Harsa Wardana Jumat (11/6/2021).

Lanjutnya, ini yang belum dilakukan dan akan dirasionalkan, kata Harsa nantinya pemangkasan anggaran tersebut bisa dialokasikan dari kegiatan atau program yang ada di setiap OPD. Sehingga tak terjadi defisit anggaran di tahun ini.

“Maksudnya kecukupan atau kekurangan anggaran yang ada itu bisa diambil di setiap OPD yang ada di Pemprov Jambi,” tambahnya.

Pemangkasan ini tentunya dilakukan diluar belanja pegawai yang ada, seperti gaji pegawai dan lain sebagainya. Yang jelas saat ini, kata Harsa menyiapkan anggaran yang kurang tersebut. Ini merupakan salah satu untuk mencukupi refocusing sebesar Rp 500 miliar.

“Ini yang akan kita fokuskan pada penanganan Covid-19 di Provinsi Jambi, ini nantinya akan diserahkan ke masing-masing OPD yang melakukan program penanganan Covid-19, seperti kesehatan dan lain sebagainya,” jelasnya.

Sebelumnya, untuk refocusing tersebut dianggarkan kurang lebih Rp 500 miliar untuk penanganan Covid-19. ini dibagi menjadi dua diantaranya Rp 398 miliar dialokasikan untuk pemulihan ekonomi dan bantuan jaring pengaman sosial. Kemudian sisanya sebanyak Rp 106 miliar dialokasikan untuk belanja kesehatan.

Saat ini Pemprov Jambi tengah mengevaluasi agar teriventarisasi ke setiap organisasi perangkat daerah (OPD), untuk mengetahui mana saja yang sudah direalisasikan untuk pemulihan ekonomi dan kesehatan.

Baca juga: Nasib Tato di Dada Celine Evangelista Jadi Sorotan Netizen Kala Pisah Rumah dengan Stefan William

Baca juga: Wisata Akhir Pekan di Kerinci, Waterpark Pancoe7 Tempat Seru-Seruan Bersama Keluarga di Kolam Renang

Baca juga: Nikmati Soremu Melihat Matahari Terbenam di Pinggir Sungai Batanghari, Tanggo Rajo Ancol

Penulis: Zulkipli
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved