Breaking News:

Cara Menggunakan BPJS Kesehatan Jika Berdomisili di Luar Kota

Cara menggunakan BPJS Kesehatan jika berdomisili di luar kota. Penggunaan BPJS di luar domisili anda harus memenuhi beberapa syarat dan prosedur.

TRIBUNJAMBI.COM - Cara menggunakan BPJS Kesehatan jika berdomisili di luar kota.

Penggunaan BPJS di luar domisili anda harus memenuhi beberapa syarat dan prosedur.

diantaranya adalah melampirkan beberapa dokumen seperti KTP (Kartu tanda penduduk), Kartu BPJS kesehatan, dan SKD (surat keterangan domisili).

Ketiga dokumen ini harus lengkap ketika anda ingin menggunakan BPJS di luar kota.

Sedangkan prosedur yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut :

Baca juga: Daftar Iuran BPJS Kesehatan Terbaru

Baca juga: Jadwal MotoGP Jerman 2021, Marc Marquez Belum Pulih 100 Persen, Pebalap Ini Puji Baby Alien

1. Anda sebagai pemilik BPJS meminta surat pengantar ke fasilitas kesehatan pertama yang berada di kantor cabang BPJS terdekat yang berada di sekitar anda

2. Bawa semua kelengkapan dokumen (KTP, BPJS, dan SKD)

Sebagai contoh, anda adalah peserta BPJS yang terdaftar di fasilitas kesehatan di Kota Palembang.

Suatu waktu, anda berlibur ke Padang, Sumatera Barat dan tiba-tiba penyakit anda kambuh. Anda akan pergi berobat menggunakan BPJS di Padang, anda perlu mempersiapkan surat domisisli dari kantor BPJS di Palembang dan meminta surat keterangan di kantor BPJS terdekat di Padang.

Dengan surat keterangan itu anda bisa berobat di fasilitas kesehatan di Padang.

Namun, jika anda ingin berkunjung ke fasilitas kesehatan di luar domisili maka yang perlu anda ketahui adalah bahwa anda hanya boleh berkunjung sebanyak 3 kali saja dalam sebulan.

Baca juga: Cara Pengajuan Pinjaman KUR Bank BRI Lewat HP, Utang Sampai Rp 100 Juta Tanpa Agunan

Hal ini sudah tercatat dalam Perpres No. 19 tahun 2016 dan juga tercatat dalam kontrak kerja perjanjian kerjasama fasilitas kesehatan tingkat 1 dengan BPJS Kesehatan, yang berbunyi “faskes sudah berkomitmen untuk memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS yang tidak terdaftar di faskes tersebut paling banyak adalah sebanyak 3 kali kunjungan dalam sebulan” dan faskes tersebut tidak diperkenankan memungut biaya sepeserpun.

Di samping itu, bagaimana jika anda menetap lama di suatu daerah (di luar domisili tercatat) maka lebih baik anda memindahkan BPJS dengan cara menghubungi kantor BPJS terdekat agar prosesnya bisa lebih mudah.

Namun, untuk perpindahan BPJS akan memakan waktu yang cukup lama. Yaitu sekitar 3 bulan.

Namun, prosesnya tidak sulit bukan? Karena BPJS memberikan perlindungan nasional, anda bisa menggunakannya dimana saja anda mau asalkan melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Editor: Suci Rahayu PK
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved