Breaking News:

Berita Merangin

Sidang Putusan Tiga Warga Bungo Terlibat Aktivitas PETI di Merangin Digelar Hari Ini

Tiga terdakwa yang merupakan warga Bungo itu yakni M Ikhsan (45), Benny Noven (41) dan Ghufron (38) warga Bungo dituntut 4 tahun penjara.

Tribunjambi/darwin
Sidang Putusan Tiga Warga Bungo Terlibat Aktivitas PETI di Merangin 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Tiga terdakwa kasus PETI di wilayah Baru Nalo, Kecamatan Nalo Tantan, Kabupaten Merangin masuk dalam tahap pembacaan putusan oleh hakim.

Tiga terdakwa yang merupakan warga Bungo itu yakni M Ikhsan (45), Benny Noven (41) dan Ghufron (38) warga Bungo dituntut 4 tahun penjara.

Tuntutan itu sebelumnya dibacakan Jaksa Penuntut Umum yang dijabat M Fajrin pada 6 Mei 2021 lalu menilai tiga terdakwa telah melanggar pasal 89 ayat (1) huruf a UURI nomor 18 tahun 2013 tetantang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan jo pasal 55 ayat (1) ke - 1 KUHP.

"Menyatakan terdakwa telah terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan tindak pidana 'selaku orang yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan yang turut serta melakukan perbuatan orang perseorangan dengan sengaja melakukan kegiatan penambangan dalam kawasan hutan tanpa izin Menteri' sebagaimana diancam pasal 89 ayat (1) huruf a UURI nomor 18 tahun 2013 tetantang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan jo pasal 55 ayat (1) ke - 1 KUHP," kata Fajrin membacakan tuntutan dikutip dari Pariwarajambi.com, Kamis (10/6/2021).

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 4 (empat) tahun dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan, dengan perintah terdakwa tetap ditahan dan denda sebesar Rp 1.500.000.000 (satu milyar lima ratus juta rupiah) subsidair 6 (enam) bulan kurungan)," lanjut Fajrin lagi.

Terkait tuntutan JPU tersebut, penasehat hukum terdakwa Toni Irwan Jaya akan mengajukan pembelaan secara tertulis.

"Akan melakukan pembelaan secara tertulis," kata Toni.

Sidang dengan agenda pembacaan tuntutan ini dilakukan Pengadilan Negeri Bangko dan diikuti secara online oleh JPU dan terdakwa.

Berdasarkan keterangan Kasi Pidum Kejari Merangin, Rizal Purwanto mengatakan bahwa pembacaan putusan oleh hakim akan dilaksanakan hari ini, Kamis (10/6/2021).

"Iya, hari ini pembacaan putusan kasus yang melibatkan tiga warga Bungo," katanya singkat.

Proses persidangan yang direncanakan pukul 10.00 WIB segera akan berlangsung, sebab sedang dipersiapkan oleh pihak Lapas, PN dan Pengadilan secara virtual.

Baca juga: Tensi Lau Tewas Usai Dibacok Martinus Nomleni Karena Kepergok Tiduri Istri Pelaku di Kamar Rumah

Baca juga: Mata Najwa Malam Tadi Heboh, Rocky Gerung Ditantang Yandri Debat Soal Haji: Saya Ini Disumpah!

Baca juga: Lowongan Kerja Bank Mandiri untuk Lulusan S1 dan Lulusan S2, Simak Persyaratannya

Penulis: Darwin Sijabat
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved