Breaking News:

Berita Kota Jambi

Satgas Karhutla Telah Lakukan 4 Kali Water Bombing Untuk Padamkan Kebakaran di Tiga Kabupaten

Peristiwa kebakaran lahan terakhir terjadi di daerah Pauh Kabupaten Sarolangun, Pengabuan Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjabtim.

TRIBUNJAMBI/ZULKIFLI AZIS
Kepala Badan Penanganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Bachyuni 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dari catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi sepanjang 2021 ini luas lahan yang terbakar hingga saat ini mencapai 101 hektare.

Peristiwa kebakaran lahan terakhir terjadi di daerah Pauh Kabupaten Sarolangun, Pengabuan Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjabtim.

"Kalau menurut foto yang didapat dari heli bombing dan patroli, di Kabupaten Sarolangun itu dilerkirakan sekitar 1-2 hektare, kita belum bisa pastikan karen ngezoom dari atas, yang penting sesuai arahan Forkompinda api harus padam dulu," kata Kepala BPBD provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah, Kamis (10/6/2021).

Menurutnya, Karhutla di Sarolangun ini bisa cepat diatasi karena terjadi di lahan mineral. Hanya beberapa kali dilakukan water bombing api langsung padam.

Sedangkan untuk di Kabupaten Tanjung Jabung Barat pemadaman dilakukan oleh dua tim yakni tim darat dan udara dibantu oleh pihak perusahaan yang ada di sekitar. "Sehari langsung padam. Sampai hari ini insyaallah masih nihil," tambahnya.

Pemadaman karhutla melalui udara sendiri sudah dilakukan empat kali menggunakan helikopter water bombing dengan kapasitas kurang lebih 120 ton air.

"Water Bombing itu kita lihat kecepatan. Jadi kalau ada ditemukan hotspot, mendapat laporan dari tim darat atau melalui CCTV, kira-kira jarak tempuhnya sulit, sumber air juga sulit akhirnya kita gunakan heli water bombing untuk kecepatan mematikan dulu jelang tim darat turun dalam rangka pendinginan," pungkasnya.

Baca juga: Belanja Nyaman di Ace Hardware Jamtos, Dapat Cashback Hingga Rp 1 Juta

Baca juga: Harga Getah Karet di Kabuputen Tebo Capai Rp 12 Ribu per Kilogram, Petani Menyadap Terkendala

Baca juga: Tinggal Hitungan Hari, Menanti Aksi Prediksi dari Si Kucing Peramal Achilles Soal EURO 2020

Penulis: Zulkipli
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved